ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEKERJAAN LANTAI PADA PROYEK THE NEWTON 1


Adnan Rifaldi, Afrizal Nursin

Abstract


Pada pelaksanaan proyek pembangunan The Newton 1- Ciputra World 2 Jakarta belum mempunyai data mengenai produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan struktur. Sedangkan, produktivitas tenaga kerja merupakan faktor mendasar yang mempengaruhi kemampuan bersaing kontraktor dalam industri konstruksi. Penulisan proyek akhir ini dilakukan untuk mengukur produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan struktur khususnya pekerjaan plat lantai dan balok. Produktivitas didapatkan dengan melakukan pengamatan lapangan pada jam kerja normal dan lembur pada masing-masing pekerjaan selama sepuluh hari. Hasil yang diperoleh adalah produksi pekerjaan yang diselesaikan setiap harinya, yang kemudian dianalisis sehingga dapat diketahui indeks produktivitas tenaga kerja dengan membandingkan produktivitas aktual, rencana proyek dan PUPR serta kinerja proyek terhadap waktu. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa indeks produktivitas proyek seluruh pekerjaan pembangunan The Newton 1 dibandingkan dengan PUPR dapat dikatakan baik karena indeks produktivitas lebih dari 1 (>1) kecuali pekerjaan pembesian pada jam kerja lembur, indeks produktivitas dibandingkan dengan rencana proyek untuk seluruh pekerja dapat dikatakan tidak baik karena indeks produktivitasnya kurang dari 1 (<1) kecuali pada pekerjaan pengecoran. Untuk durasi aktual seluruh pekerjaan melebihi rencana kecuali pada pekerjaan pembesian. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja adalah keahlian pekerja, sumber daya dan kerja lembu..

Katakunci  : Produktivitas tenaga kerja, indeks produktivitas, plat, balok, kinerja waktu.


Full Text:

PDF

References


Ahadi, 2009. Tenaga Kerja Proyek Bangunan. Diakses dari http://www.ilmusipil.com/tenaga-kerja-proyek-bangunan, pada tanggal 20 Juni 2019.

Alma B, 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Asiyanto, 2010. Formwork For Concret, Penerbit Universitas Indonesia.

Asroni Ali, 2010. Balok dan Pelat Beton Bertulang, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Dipohusodo, 1995. Manajemen Proyek & Konstruksi jilid 2, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Ningrum D N, 2014. Analisa Perbandingan Produktivitas Pemasangan Dinding Konvensional Batu Bata (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Ruko Modern Arcade di Tangerang.

Peraturan Pemerintah, 2016, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 28/PRT/M/2016, Tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Umum, Jakarta: Sekretariat Negara.

Wulfram I. Ervianto, 2005. Manajemen Proyek Konstruksi, Penerbit Andi Ofsset, Yogyakarta.

Wulfram I. Ervianto, 2008. Pengukuran Produktivitas Kelompok Pekerja Bangunan dalam Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Gedung Bertingkat di Surakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.