ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN FINISHING DINDING PROYEK APARTEMENT THE NEWTON 1


Fazal Muhamad, Siddiq Wacono

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada proyek pembangunan The Newton 1 untuk mengetahui tingkat produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan finishing khususnya pekerjaan dinding yang meliputi pekerjaan pasangan bata ringan, plester dan aci dinding. Penelitian dilakukan dengan mengamati pekerja selama jam kerja normal sesuai dengan apa yang dilakukan oleh tenaga kerja yang diamati tanpa melakukan pengarahan terlebih dahulu kepada pekerja. Penelitian dilakukan selama 7 jam pada setiap hari nya selama 20 hari. Penelitian dilakukan pada sampel acak yaitu tidak hanya pada satu kelompok tenaga kerja namun pada beberapa kelompok tenaga kerja dengan komposisi pekerja yang berbeda. Hasil yang diperoleh adalah volume pekerjaan yang diselesaikan per jamnya yang kemudian dianalisis sehingga dapat diketahui indeks produktivitas tenaga kerja serta kinerja proyek terhadap waktu nya. Tingkat produktivitas yang rendah dapat menyebabkan penambahan durasi pada penyelesaian suatu pekerjaan yang akan berdampak besar pada penyelesaian proyek. Dari hasil analisis diketahui bahwa indeks produktivitas tenaga kerja dikategorikan baik karena indeks nya lebih dari 1 (> 1). Dari hasil analisi juga dapat diketahui bahwa kinerja terhadap waktu termasuk buruk dikarenakan mengalami penambahan waktu pengerjaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja adalah usia, pendidikan, pengalaman kerja, dan kesesuaian upah.


Kata kunci : Produktivita;, tenaga kerja; kinerja waktu.


Full Text:

PDF

References


Asiyanto. (2005). Manajemen Produksi Untuk Jasa Konstruksi. Pradnya Paramita.

Ahadi. (2011, Februari 25). Tenaga Kerja Proyek Bangunan. Retrieved fromilmusipil.com: http://www.ilmusipil.com.

Margareth , L., & Simanjuntak, M. R. (2010). Pengaruh Produktivitas Tenaga Kerja Terhadap Kinerja Proyek Bangunan Tinggi di DKI Jakarta. Konferensi Nasional Teknik Sipil 4.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2018, Mei 21). Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): https://kbbi.web.id/analisis.

Ardana, I. K., & dkk. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarjono, H. (2001). Model Pengukuran Produktivitas Berdasarkan Pendekatan Rasio Output Per Input. Jurnal The Winners, 131.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Rajawali Pers.

Mutiara, Novia. (2017). Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Dinding Proyek Pembangunan Southgate Tanjung Barat. Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil PNJ.

Badan Standarisasi Nasional. (2008). Analisa Harga Satuan Pekerjaan Dinding (SNI-6897-2008). Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standarisasi Nasional. (2000). Dinding Bata Ringan (SNI-15-2094-2000). Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.