PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR LANTAI 18 PADA PROYEK APARTEMEN ROYAL SENTUL PARK


Agung Yoga Pratama, Resti Friscilia, Eka Sasmita Mulya

Abstract


Pelaksanaan pekerjaan struktur lantai 18 terdiri dari pekerjaan pembesian, bekisting, dan pengecoran pada elemen struktur kolom, balok, dan pelat lantai. Pertimbangan dalam proyek Apartemen Royal Sentul Park ditinjau pada lantai 18 karena faktor ketinggian mempengaruhi; mobilisasi alat, bahan, tenaga kerja, dan pelaksanaan pekerjaan. Pada proyek akhir ini, penulis bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pekerjaan struktur, menghitung kebutuhan tenaga kerja, kebutuhan alat, material, dan kekuatan bahan bekisting kolom, balok, dan pelat lantai. Penulis melakukan tinjauan lapangan, dan studi kepustakaan untuk mendapatkan data. Kesimpulan dari proyek akhir ini adalah mendapatkan dimensi dan jarak yang cocok untuk bahan bekisting balok, kolom dan pelat lantai yang tidak melebihi tegangan dan lendutan yang diizinkan. Pelaksanaan pekerjaan pembesian dan bekisting terdiri dari persiapan, pabrikasi dan pemasangan. Pelaksanaan pekerjaan pengecoran terdiri dari persiapan, pengecoran, dan perawatan. Bahan yang dibutuhkan untuk pekerjaan struktur lantai 18 ini adalah yaitu 3873 batang besi D10, 666 batang besi D13, 219 batang besi D16, 913 batang besi D19, 520 batang besi D22, 1969 lembar plywood, 775,062 m³ beton.
Kata kunci : Pembesian; Bekisting; Pengecoran

Full Text:

PDF

References


ACI Committe 347. 2001. Guide to Formwork for Concrete. USA : American Concrete Institute.

Ir. Rudy Gunawan, dan Ir. Morisco. 1987. Tabel Profil Konstruksi Baja. Yogyakarta : Kanisius

Murdock, L.J, dan Brook, K.M. 1979. Concrete Materials and Practice. Jakarta : Erlangga.

Panitia Normalisasi Bagian Konstruksi Kayu. 1961. Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia-1961-NI-5. Bandung : Departemen Pekerjaan Umum.

Panitia Pembaharuan. 1971. Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971. Bandung : Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.

PP. 2003. Buku Referensi untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

SNI 7394:2008 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

Sunggono, V. 1984. Buku Teknik Sipil. Jakarta : Nova.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.