ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU PROYEK MALL TRANS PARK CIBUBUR


Andhira Fajrina Bidari, Afrizal Nursin

Abstract


Seiring dengan meningkatnya persaingan di era globalisasi ini, maka tantangan terbesar bagi dunia jasa konstruksi di Indonesia adalah dituntut untuk menjamin kepuasan pelanggan, mutu merupakan salah satu faktor yang dominan dalam meningkatkan daya saing perusahaan. Pentingnya sistem manajemen mutu pada kegiatan konstruksi sebagai salah satu indikator keberhasilan proyek. Mutu proyek konstruksi dapat tercipta apabila proses-proses mutu yaitu plan quality, quality assurance, dan quality control dapat berjalan dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tujuan dari penulisan proyek akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dari proses-proses mutu yaitu plan quality, pelaksanaan quality assurance dan pelaksanaan quality control pada pelaksanaan pekerjaan struktur atas Proyek Mall Trans Park Cibubur oleh kontraktor PT WIKA Gedung. Teknik penulisan dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yakni dengan menganalisis penerapan di lapangan berdasarkan data yang didapat dari proyek guna mendapat gambaran sistematis mengenai penerapan sistem manajemen mutu pada Proyek Mall Trans Park Cibubur dengan mengacu pada teori dalam buku PMBOK. Adapun hasil dari penulisan proyek akhir ini adalah plan quality menunjukan proses perencanaan mutu sudah sesuai dengan standar yang digunakan, untuk quality assurance sudah sesuai dengan langkah yang dibuat untuk instruksi kerja yang telah mengacu pada metode pelaksanan, dibuktikan dengan hasil checklist, selanjutnya untuk quality control hasil uji yang dilapangan sudah sesuai dengan rencana spesifikasi.

Kata kunci ; Manajemen Mutu, Struktur Atas, Plan Quality, Quality Assurance, Quality Control.


Full Text:

PDF

References


ACI. (2004). ACI 347-04 Guide to Formwork for Concrete. Farmington Hills: American Concrete Institute.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

BSN. (2002). SNI 03-6861.1-2002 Spesifikasi Bahan Bangunan.

BSN. (2008). SNI 1972-2008 Cara Uji Slump Beton. Jakarta: BSN.

BSN. (2013). SNI 2847-2013 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. Jakarta: BSN.

BSN. (2017). SNI 2052-2017 Baja Tulangan Beton. Jakarta: BSN.

PMI. (2013). A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Fifth Edition. Pennsylvania: Project Management Institute, Inc.

Susila, H. (2013). Penerapan Manajemen Mutu Pada Proses Pembangunan Struktur Beton Gedung Rumah Susun Sederhana Sewa di Surakarta. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur


Refbacks

  • There are currently no refbacks.