PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR BASEMENT METODE TOP - DOWN MENARA TENDEAN-JAKARTA SELATAN


Widi Sri Wahyuni, Zharany Permana Putri, Suripto Suripto

Abstract


Pembangunan struktur bawah tanah atau biasa dikenal dengan basement sudah banyak dibangun pada gedung bertingkat di kota-kota besar. Pembangunan tersebut sangat erat kaitannya dengan metode konstruksi yang digunakan. Penggunaan metode top – down dinilai cocok untuk struktur bawah tanah Proyek Menara Tendean dikarenakan proyek tersebut berada pada kondisi lahan sekitar proyek yang terbatas dimana terdapat bangunan yang berdekatan, akibatnya dikhawatirkan terjadinya longsor apabila menggunakan metode bottom-up. selain itu dapat mempengaruhi struktur basement pada bangunan existing di sebelahnya sehingga untuk mendukung diaphgram wall (dinding diaphragma penahan tanah) tidak bisa menggunakan ground anchor. Proyek Akhir ini membahas tentang proses pelaksanaan metode top-down pada struktur basement yang terdiri dari pekerjaan persiapan, dinding diaphragma, bored pile, king post, lalu pelaksanaan pekerjaan penggalian basement. Setiap item tersebut membahas tentang metode pelaksanaan, analisis kebutuhan tenaga kerja, alat, dan bahan, juga membahas tentang pengendalian K3.
Kata kunci : Basement; Top-down; Dinding Diaphragma.

Full Text:

PDF

References


Asiyanto. (2008). Metode Konstruksi Gedung Bertingkat. Jakarta: UI Press.

Direktorat Jendral Bina Marga. (2016). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.28/PRT/M/2016 Pedoman Analisis Harga satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum.

Kani, Bobby R, dkk. (2013). Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek PT. Trakindo Utama). Sipil Statik. 1(6): 430-433.

Mangare, Jantje Bernhard, Huibet Tarore, Bonny F. (2012). Kajian Proporsional Model Sumber Daya pada Proyek Konstruksi Gedung. Media Engineering. 2(3): 163-171.

Meydina Mawar P. (2012). Penerapan Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Di Terminal BBM Medan Group PT. Pertamina (Persero) Region 1 Sumbagut Labuhan Deli-Belawan [Skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.

Mistra. (2012). Struktur dan Konstruksi Bangunan Tinggi Sistem Top and Down. Jakarta: Griya Asri.

Nasional, B. S. (2008). SNI 7394: 2008 Analisa Pekerjaan Beton. Jakarta: Dewan Standarisasi Indonesia.

Nasional, B. S. (2017). SNI 2052: 2017 Baja Tulangan Beton. Jakarta: Dewan Standarisasi Indonesia

Nasional, B. S. (2013). SNI 03 2847: 2013 Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung. Jakarta: Dewan Standarisasi Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.