Analisis dan Perancangan Fixture Welding Pembuatan Firewall Kendaraan APC (Armored Personnel Carrier) 4500cc dengan Pendekatan Ergonomi


Anissa Puspa Dewi, Raden Grenny Sudarmawan, Nugroho Eko Setijogiarto

Abstract


Fixture merupakan alat bantu khusus yang befungsi untuk menepatkan dan menjepit benda kerja sehingga menghasilkan suatu produk dengan konsistensi kualitas dan nilai keakuratan yang baik. Fixture welding diperlukan ketika operator merasa kesulitan ketika memposisikan dua atau lebih komponen yang akan dilas, selain itu produk yang dihasilkan tetap presisi dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan serta mengurangi kemungkinan cacat produk yang diakibatkan benda kerja yang mudah tergeser. Pada proses produksi kendaraan APC (Armored Personnel Carrier) 4500cc oleh PT. X, komponen firewall yang dibuat memiliki dimensi tersendiri serta material khusus yaitu plat Armor Steel tipe Ramor 500 dengan ketebalan 2,5 dan 5 mm. Penggunaan plat Ramor 500 memiliki fungsi khusus yaitu mampu menahan laju balistik dari tumbukan suatu objek seperti peluru senapan. Komponen firewall memiliki segmen yang cukup kompleks serta bobotnya yang berat menyebabkan operator mengalami kesulitan saat melakukan pengelasan. Perancangan ini ditujukan untuk merancang suatu fixture welding yang mampu memposisikan dan memegang part-part dari komponen firewall selama pengelasan berlangsung dengan memperhatikan nilai ergonomi.

Full Text:

PDF

References


J. Prifti, M. Castro, R. Squillacioti, R. Cellitti, Improved rolled homogeneous armor (IRHA) steel through higher hardness, U.S. Army Research Laboratory, Aberdeen Proving Ground, 1997.

Taskaya, S., Gur, A. K., & Orhan, A. (2019). Joining of Ramor 500 Steel by Submerged Welding and its Examination of Thermal Analysis in ANSYS Package Program. Thermal Science and Engineering Progress, 11(February), 84–110.

Suwahyo & Sidiq. 2011. Mengelas Dengan Proses Las Busur Listrik Manual. Yokyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Phillips, D. H. (2016). Welding Engineering. In Welding Engineering.

Wignjosoebroto, S., 2000. Ergonomi, studi gerak dan waktu. Guna Widya, Surabaya.

Joseph P.Vidosic. (1957). Machine Design Project


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anissa Puspa Dewi