Pengoptimalan Condenser Dengan Mencari Penyebab Kebocoran Pipa Condenser Turbin 1 Power Plant PT. SBA


Nailus Sa'adah, Hamdi Hamdi, Firman Septriandi Tarigan

Abstract


Condenser menjadi salah satu bagian dari Power Plant. Kinerja condenser harus dijaga stabil, agar aliran steam serta proses kondensasi yang terjadi dapat berjalan lancar dan turbin dapat berputar secara sempurna untuk membangkitkan power generator. Power yang dihasilkan digunakan untuk menyuplai proses produksi cement plant dengan tuntutan harus menyediakan daya sebesar ± 23 MW. Berdasarkan data number of blocked tubes of condenser #1 pada tahun 2020 bulan September terdapat 1416 pipa yang sudah bocor mengakibatkan performa turbine #1 menurun.Untuk menjaga kembali kinerja condenser maka dilakukan penggantian, mencari penyebab kebocoran pipa condenser, serta dilakukan uji komposisi kimia (OES) terhadap material baru. Berdasarkan metode yang dilakukan didapat penyebab kebocoran pipa condenser, dimana penyebabnya terbukti dari sisi operasi, sisi kimia dan sisi material, serta dari pengoptimalan ini kinerja condenser dan performa Cemant Power Plant (CPP) meningkat. Untuk alasan pencegahan, jadwal backwash yang ketat harus diterapkan dan pemindahan posisi pemasukan air laut harus dipertimbangkan.

Keywords


Pipa Condenser, Kebocoran, Power Plant, Kinerja.

Full Text:

PDF

References


Annisa, Khusna. (2020). Perancangan Penggunaan Karbon Aktif Sebagai Media Treatment Pada Air Buangan Pendingin Kondensor Di Area Power Plant. Politeknik Negeri Jakarta, 8-10.

DR. IR. I KT. SUARSANA, MT. (2017). Ilmu Material Teknik. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana, 47-50.

Feriyanto, Y. (2018, September 28). Analisa Kebocoran Tube Condenser yang Mengunakan Cooling Water Tipe Air Laut, Best Practice Experience in Power Plant. Diambil kembali dari www.caesarvery.com: https://www.caesarvery.com/2018/09/analisa-kebocoran-tube-condenser-dengan.html

LNET. (t.thn.). 第一章 设备的技术规范( Spesifikasi Teknis Turbine).

Polban. (2012). BAB II Tinjauan Pusaka. Diambil kembali dari digilib.polban.ac.id: http://digilib.polban.ac.id/files/disk1/98/jbptppolban-gdl-chandraand-4856-3-bab2--9.pdf

Santoso, W. (2015). Bab 2. Tinjauan Pusaka. Diambil kembali dari Undip: http://eprints.undip.ac.id/46761/3/BAB_2.pdf

SINAGA, E. D. (2010). Perancangan Kondensor Pada Siklus Rankine Organik Dengan kapasitas 1 MW. Universitas Sumatera Utara, 17-19.

Utomo, Budi. (KAPAL, Vol. 6, No.2, Juni 2009). JENIS KOROSI DAN PENANGGULANGANNYA. Program Diploma III Teknik Perkapalan Univerrsitas Diponegoro,, 138-141.

Wikipedia. (2021, Maret 24). Titanium. Diambil kembali dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Titanium#cite_note-nvp-15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nailus Sa'adah, Hamdi Hamdi, Firman Septriandi Tarigan