RANCANG BANGUN MEKANISME PENGEREMAN REGENERATIF UNTUK PENGHEMATAN ENERGI PADA MOBIL LISTRIK


Dharu Danendra, Sonki Prasetya, P Jannus

Abstract


Pada saat kendaraan melakukan pengereman konvensional, energi kinetik berubah menjadi panas untuk memperlambat kendaraan atau menghentikannya. Banyak energi yang hilang karena berubah menjadi panas dan terbuang percuma. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan pengereman regeneratif. Dengan sistem pengereman regeneratif, kendaraan listrik dapat memulihkan energi yang mengubah energi kinetik dari roda menjadi energi listrik, sehingga akan memanfaatkan energi yang terbuang ini dan menyimpannya untuk digunakan lebih lanjut kapanpun dibutuhkan dan dengan demikian dapat membantu untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan efisiensi kendaraan listrik melalui pengereman. Hal ini dapat dilakukan oleh motor yang mengubah energy kinetik menjadi listrik (generator) yang nantinya bisa disimpan di dalam baterai. Studi ini dilakukan untuk membuktikan bahwa adanya energi balik pada sistem pengereman regeneratif dengan cara membuat rangkaian alat uji coba pada kendaraan listrik skala kecil. pada detik 1,2 terdapat sisa arus sebesar 5,7 Ampere yang kemudian niai arus tersebut perlahan turun. Daya pada Pengereman regeneratif belum bisa dimanfaatkan, perlu adanya komponen tambahan seperti mosfet, boost converter, dan penyearah 3 fasa agar dapat disimpan dibaterai. Nilai daya maksimal apabila dapat dimanfaatkan sekitar 33,92 watt pada saat proses pengujian dengan kecepatan maksimal 1200 put/menit pada kendaraan mobil remote control.

Keywords


regeneratif, pengereman, mobil listrik.

Full Text:

PDF

References


S. Dhameja, Electric Vehicle Battery Systems. 2002.

S. Prasetya, M. Adhitya, H. D. S. Budiono, and D. A. Sumarsono, “A investigation of braking system actuators for electric shuttle bus,” E3S Web Conf., vol. 67, pp. 4–7, 2018.

Achmad Nur Husaini, “Prinsip Kerja Motor Brushless DC (BLDC Motor),” September 17, 2015, 2015. [Online]. Available: https://www.insinyoer.com/prinsip-kerja-motor-brushless-dc-bldc-motor/3/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dharu Danendra, Sonki Prasetya, P Jannus