Modifikasi Skirtboard Untuk Mengurangi Tumpukan Debu Batubara Pada L22-BC1


Alfian Fahmi Setiawan, Seto Tjahyono, Henry Yotama Arifandy, Essa Abubakar Wahid

Abstract


Belt conveyor merupakan salah satu alat transportasi material dalam industri semen yang memanfaatkan belt untuk meneruskan gerakan dari motor. Belt conveyor di L22-BC1 yang difungsikan sebagai alat pengangkut bahan bakar pembuatan semen berupa batubara yang berada di Tuban plant jalur 1. Bagian – bagian utama belt conveyor yakni belt,head pulley,tail pulley,bend pulley,takeup pulley,carry roller,return roller, frame, motor, rangka, dan skirtboard ( penutup setelah Chute). Permasalahan yang terjadi pada belt conveyor dengan Holcim Asset Code (HAC) L22 – BC1 yakni debu batubara keluar dari skirtboard. Keluarnya debu tersebut ditandai dengan belt conveyor (L22-BC1 ) awal feeding debu keluar jalur selama 15 menit, hal ini akan menyebabkan deposit debu batubara di sekitar Belt Conveyor, sehingga mengalami kondisi tidak aman dan membuat kotor pada area bangunan transfer point batubara pada belt conveyor batubara area Tuban 1. Skirtboard tidak mampu menghandel debu sampai menit ke 15, sehingga perlu mengadakan perbaikan agar kejadian kebocoran debu bisa diminimalisir. Perbaikan dilakukan dengan memodifikasi skirtboard untuk menambah luas jalur material, dengan modifikasi ini, kecepatan udara akan turun. Dengan dilakukannya modifikasi pada skirtboard dapat mengurangi lamanya debu batubara yang keluar sehingga polusi lingkungan berkurang, kondisi tidak aman terminimalisi serta perbaikan ini diharapkan dapat diterapkan pada belt conveyor lainnya

Keywords


belt conveyor, skirtboard, debu, kecepatan udara

Full Text:

PDF

References


Engineering, Martin, 2009. FOUNDATION The practical resources for Cleaner, Safer, More productive dust & Material Control, 4th ed.USA.

https://raymondhandling.com/dictionary/belt-conveyor (diakses 22 desember 2020)

https://www.kideco.co.id/id1/pengetahuan-batubara/ (diakses 8 juni 2021)

Staf Pengajar Prodi Teknik Pertambangan Politeknik Negeri Banjarmasin, 2016. GEOKIMIA BATUBARA UNTUK BEBERAPA INDUSTRI

https://www.uky.edu/KGS/coal/coal-bituminous.php (diakses 8 juni 2020)

http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/3046/07bab3_putra%20Anugrah%20Gusti_10070110079_skr_2016.pdf?sequence=7&isAllowed=y (diakses 8 juni 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alfian Fahmi Setiawan, Seto Tjahyono