Pemanfaatan Photovoltaic dan Termoelektrik Generator Sebagai Sumber Energi untuk Pengisian Baterai Penerangan Jalan Umum (PJU)


Fatimah Azzahra, Budi Santoso, Agus Sukandi

Abstract


Energi matahari dan panas gas buang dari mini PLTG di lab. Konversi energi dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Gas buang dari mini PLTG di lab. Konversi energi memiliki temperatur yang cukup tinggi yaitu berkisar 300-450K. Pengambilan data di pengujian ini disimulasikan dengan menggunakan torch yang disambungkan dengan gas portable sebagai sumber panas. Penulisan ini bertujuan untuk menghasilkan alat pembangkit listrik menggunakan photovoltaic cell/solar panel dan termoelektrik generator (TEG), menganalisa hasil tersebut serta menghitung lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai. Saat mini PLTG di lab. Konversi energi sedang beroperasi dan tegangan dari solar panel mengalami penurunan, pengisian baterai diganti dengan termoelektrik generator (TEG) menggunakan energi controller. Dari penelitian ini, hasil yang diperoleh ialah cahaya matahari dan panas gas buang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik untuk pengisian baterai dan lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai adalah 14.1 jam.

Keywords


Energi, Photovoltaic, TEG

Full Text:

PDF

References


Dian Furqani Alifyanti, 2016, Pengaturan Tegangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 100 watt, (Akses 20 Mei 2021) https://media.neliti.com/media/publications/259756-pengaturanteganganpembangkitlistriktenag-2a5e5696.pdf

Jefferson, Samuel Hans dan Chairul Hudaya. 2021. Rancang Bangun Sistem Pemanfaatan Panas Buang pada Kompor Portabel Menggunakan Thermoelectric Generator. Jurnal Tambora Vol. 5.

Taufik, Ahmad. 2018. Analisis Karakteristik Thermoelectric Komersil TEC1-12706 untuk Heat Energy Harvesting. Universitas Sumatera Utara.

Pasaribu, Faisal Irsan, et al. 2019. Memanfaatkan Panas Exhaust Sepeda Motor Sebagai Sumber Energi Listrik Memakai Thermoelectric. Journal of Electrical and System Control Engineering.

Luqman Hakim Putranto, 2020. Pemanfaatan Solar Cell Dan Thermoelektric Generator (Teg) Sebagai Sumber Energi Listrik Lampu Penerangan Jalan 50 Watt. Jurnal Teknik Elektro, Volume 09 Nomor 01.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fatimah Azzahra, Budi Santoso, Agus Sukandi