Pengujian Alat Uji Beban Generator Set Menggunakan Larutan Nacl dengan Mekanisme Leadscrew sebagai Penggerak


Muhammad Bagus Fadhilah, Rahmat Subarkah, Lentang Siboiker

Abstract


Kebutuhan energi listrik dari waktu ke waktu akan mengalami peningkatan. Faktor peningkatan ini diakibatkan dalam perkembangan peradaban manusia di berbagai sektor, antara lain sektor ekonomi, teknologi, pendidikan dll. Pembangkit listrik tenaga diesel pada umumnya disebut generator set (genset), bisa digunakan sebagai pemasok utama di berbagai sektor industri dan juga sebagai emergency standby power. Oleh karena itu, genset perlu perawatan dan pengujian berkala, untuk mengetahui kesiapan genset saat dibutuhkan ataupun sebagai pengganti pasokan energi listrik dari PLN. Untuk menguji kelayakan/kesiapan sebuah genset, dapat melakukan serangkaian tes. Dimana tes tersebut bertujuan untuk mengetahui kapasitas listrik yang dihasilkan menggunakan load bank. Ada beberapa macam loadbank test yaitu, Dummy Load, Load Bank Grid Resistor, dan Load Bank Heater Element. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik mengetahui kondisi dan melakukan uji kelayakan pada genset yang ada di workshop Alat Berat Politeknik Negeri Jakarta. Tidak terdapatnya alat pengujian genset di workshop Alat Berat Politeknik Negeri Jakarta, penulis tertarik untuk melakukan rancang bangun alat uji beban genset menggunakan larutan Natrium Clorida (NaCl) dengan mekanisme leadscrew sebagai penggerak. Pada saat pengujian harus diperhatikan sebagai berikut: jumlah zat elektroda atau besarnya elektroda yang masuk ke larutan, jarak elektroda, dan kepekatan larutan karena hal ini akan meningkatkan reaksi elektrolisis sehingga arus listrik yang keluar semakin cepat dan besar. Hasil uji saat ini bisa digunakan sebagai rujukan spesifikasi loadbank sementara.

Keywords


Pengujian, Elektorlis, NaCl, Genset, Load test generator.

Full Text:

PDF

References


S. Pramudita, R. Subarkah, and G. G. Ramdlan Gunadi, “PENGUJIAN HYDRAULIC CYLINDER PADA SIMULATOR ARM EXCAVATOR SETELAH,” J. Tek. Mesin PNJ, 2020.

R. Nandika, “PERHITUNGAN DAN PENGUJIAN BEBAN PADA GENERATOR,” vol. 3, no. 1, pp. 10–21, 2020.

S. SOPYAN, “Rancangan Bangun Pembuatan Alat Panel Listrik Ats ( Automatic Transfer Switch ) – Amf ( Automatic Main Falure ) Sopyan Saputro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro,” 2015.

M. Adhzerian, S. Rezki, H. Maliansyah, D. Y. Ariyanto, and M. Faishal, “Pemanfaatan Air Larutan Garam Sebagai Kabel Penghantar Listrik Pengganti Tembaga,” vol. 01, no. 02, pp. 64–72, 2019, doi: 10.12928/biste.v1i2.884.

G. Amirul and G. A. Pauzi, “Analisis Potensi Elektrik Berbagai Elektrolit Alam Sebagai Sumber Energi Terbarukan,” vol. 06, no. 01, pp. 91–100, 2018.

I. Nurfathudin, “MODIFIKASI DUMMY LOAD 3 X 10 A UNTUK PENGUJIAN PEMBEBANAN GENERATOR.”

C. Pratomo, “Perancangan Leadscrew Pada Alat Tambal Ban Press,” pp. 1–17.

A. Paliwal, “Design of Lead Screw Mechanism for Powder Coating Process,” vol. 5, no. 5, pp. 18–22, 2018.

A. Noor Imamah, “Efek Variasi Bahan Elektroda serta Jarak Antar Elektroda Terhadap Kelistrikan Yang Dihasilkan Oleh Limbah Buah Jeruk (Citrus sp.),” 2013.

A. Nurrahman and H. Wahyudi, “Perancangan dan Pembuatan Alat Uji Beban Generator Set Menggunakan Larutan Potassium Hydroxide dengan Mekanisme Rack and Pinion sebagai Penggerak,” vol. 07, no. 1, pp. 33–36, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Bagus Fadhilah