Sistem Monitoring Pendingin Heatsink Pada Panel Surya Berbasis IoT


Rifki Nur Ilham, Sonki Prasetya, Agus Sukandi

Abstract


Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya bergantung pada beberapa faktor, seperti suhu, intesitas cahaya, lama penyinaran dan sudut datang cahaya. Pemantauan performa panel surya perlu dilakukan untuk mengetahui kinerja sebuah panel surya pada kondisi lingkungan yang nyata. metode konvensional sistem pemantauan manual diharuskan untuk mengukur secara berkala dan terus menerus untuk menjaga stabilitas pada sistem photovoltaic. Oleh karena itu, diperlukan sistem pemantauan jarak jauh dan realtime untuk menilai kinerjanya. Internet of Things (IoT) sebagai solusi untuk sistem monitoring jarak jauh panel surya. Dengan menggunakan thinger.io sebagai platfotm IoT, dan ESP32 Dev Kit sebagai mikrokontroler pemantauan data akan mudah untuk dilakukan. Sistem monitoring ini terdiri dari akuisisi data, gateway data, dan tampilan visualisasi grafik data. Hasil kalibrasi bagi sensor tegangan, arus, suhu cahaya, kecepatan angin, dan air memberikan nilai akurasi error sebesar masing-masing 0,18; 1,26; 1,3; 9,35; 9,87 dan 5,09%. Data gateway mampu mengirimkan representasi grafis dari data ke tampilan grafik dengan rata-rata waktu transmisi 2.5 detik, dengan kecepatan internet 18 Mbps.

Keywords


Monitoring;ESP32 Dev Kit;Internet of Things;Tinger.io

Full Text:

PDF

References


H. EBTKE, “Peluang Besar Kejar Target EBT Melalui Energi Surya,” 2019. .

Sonki Prasetya; Li Li; Greg Hunter; Jian Guo Zhu, “Prospect of Renewable Energy Utilization in a Indonesian City through Microgrid Approach,” 2012.

Aulia Dyah Afriyani;Sonki Prasetya;Rahman Filzi, “Analisis Pengaruh Posisi Panel Surya terhadap Daya yang dihasilkan di PT Lentera Bumi Nusantara,” 2019.

L. L. Riki Ruli A. Siregar, Nurfachri Wardana, “SISTEM MONITORING KINERJA PANEL LISTRIK TENAGA SURYA MENGGUNAKAN ARDUINO UNO,” vol. Jetri Volu, 2017.

A. Antonov & Dewi, “Pemanfaat. energy surya sebagai supply cadangan pada laboratorium elektro dasar di Inst. Teknol. Padang,” vol. 2, pp. 20–28.

Milatina, “Pengukuran Daya Photovoltaic,” Rekayasa Sist. Konversi dan Konserv. Energi, p. 20, 2016.

I. Raza, Amin, “BIAYA RENDAH DAN HEMAT DAYA PAPAN PENGEMBANGAN UNTUK APLIKASI IOT TEKNOLOGI MASA DEPAN.,” 2016.

Pinky Andi Nugroho;Sonki Prasetya;Abdul Rozaq;Andri Iswanto, “Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebakaran Pada Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3,” 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rifki Nur Ilham, Sonki Prasetya, Agus Sukandi