Optimalisasi Pengereman pada Electric Vehicle untuk Pengehematan Energi


Agnes Febriana, Sonki Prasetya, P Jannus

Abstract


Pada saat kendaraan melakukan pengereman konvensional, energi kinetik berubah menjadi panas untuk memperlambat kendaraan atau menghentikannya. Banyak energi yang hilang karena berubah menjadi panas dan terbuang percuma. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan pengereman regeneratif. Dengan sistem pengereman regeneratif, kendaraan listrik dapat memulihkan energi yang mengubah energi kinetik dari roda menjadi energi listrik, sehingga akan memanfaatkan energi yang terbuang ini dan menyimpannya untuk digunakan lebih lanjut kapan pun dibutuhkan dan dengan demikian dapat membantu untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan efisiensi kendaraan listrik melalui pengereman. Hal ini dapat dilakukan oleh motor sebagai penggerak dan juga sebagai pengubah kinetik energi menjadi listrik (generator), baterai sebagai penyimpan energi, konverter boost, sensor proses dan juga mikrokontroler. Studi ini dilakukan untuk mengetahui berapa energi yang dapat dipulihkan saat melakukan pengereman pada motor BLDC.

Keywords


Pengereman Regeneratif;Kendaraan Listrik;motor BLDC

Full Text:

PDF

References


T. Atmojo, “Determinant of Fuel Consumption in Indonesia,” Econ. Dev. Anal. J., vol. 5, no. 3, pp. 331–336, 2018, doi: 10.15294/edaj.v5i3.22158.

Ramesh C. Bansal, “Electric vehicles,” Manuf. Eng., vol. 161, no. 3, pp. 55–96, 2018.

S. Dhameja, Electric Vehicle Battery Systems. 2002.

S. Prasetya, M. Adhitya, H. D. S. Budiono, and D. A. Sumarsono, “A investigation of braking system actuators for electric shuttle bus,” E3S Web Conf., vol. 67, pp. 4–7, 2018, doi: 10.1051/e3sconf/20186701023.

S. Lu, K. A. Corzine, and M. Ferdowsi, “A new battery/ultracapacitor energy storage system design and its motor drive integration for hybrid electric vehicles,” IEEE Trans. Veh. Technol., vol. 56, no. 4 I, pp. 1516–1523, 2007, doi: 10.1109/TVT.2007.896971.

Y.-P. Yang and T.-H. Hu, A New Energy Management System of Directly-Driven Electric Vehicle with Electronic Gearshift and Regenerative Braking. 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 agnes febriana