Optimalisasi Mekanisme Pengereman dalam Peningkatan Sistem Keamanan pada Mobil Listrik dengan Sistem Anti-Locking


Simanullang, Grashelia Rinda Uli, Sonki Prasetya, P Jannus

Abstract


Pada sistem pengereman kendaraan konvensional, roda akan mudah terkunci dan sulit kendalikan ketika kendaraan direm mendadak, jalan licin, dan musim hujan. Kualitas dari sistem pengereman akan menjadi sangat berpengaruh dalam keselamatan pada pengendara. Biasanya untuk menghindari penguncian pada roda, pengemudi menekan rem secara periodik. Namun, ketika berkendara dengan kondisi darurat atau mendadak hal itu sulit untuk dilakukan. Untuk menghindari kegagalan tersebut maka diaplikasikanlah Anti-Lock Braking System pada mobil listrik. Sistem ini dapat meningkatkan keselamatan kendaraan karena ABS dapat memaksimalkan kendali kendaraan pada saat mengerem mendadak dari kecepatan tinggi. Selain itu kecelakaan banyak disebabkan oleh pengendara yang tidak dapat bereaksi dengan cepat ketika muncul obyek yang menghalangi secara mendadak . Maka penulis juga mengapliksikan pengereman otomatis pada sistem anti-locking tersebut. Sistem pengereman anti-locking secara otomatis merupakan sistem keamanan optimal pada kendaraan sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan bisa dihindari .Pada penelitian ini menggunakan prototype berupa mobil RC dengan mikrokontroller Arduino yang dikoneksikan dengan Elctronic Speed Controller sebagai penerima sinyal PWM untuk pengereman ABS dan dengan Sensor Ultrasonic untuk mendeteksi jarak objek yang berada di depan mobil.

Keywords


Kata-kata kunci: Pengereman, Anti-Lock Braking System, Jarak, Otomatis

Full Text:

PDF

References


Ramesh C. Bansal, “Electric vehicles,” Manuf. Eng., vol. 161, no. 3, pp. 55–96, 2018.

U. Enggarsasi and N. K. Sa’diyah, “Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas,” Perspektif, vol. 22, no. 3, p. 228, 2017, doi: 10.30742/perspektif.v22i3.632.

M. F. Ramadhany et al., “Pengaruh Variasi Putaran Mesin Dan Waktu Pengereman Terhadap Temperatur Dan Koefisien Gesek Pada Brake Pads Dan Brake Shoe Dengan Alat Uji Berbasis Remote Monitoring System,” J. Tek. Mesin, vol. 4, no. 1, pp. 25–32, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Simanullang, Grashelia Rinda Uli