Pemanfaatan Beda Temperatur terhadap Daya Hasil Keluaran pada Termoelektrik Generator sebagai Sumber Energi untuk Penerangan Jalan Umum (PJU)


Alya Hamida, Budi Santoso, Agus Sukandi

Abstract


Beberapa pembangkit menghasilkan energi buang yang tidak dimanfaatkan, salah satunya adalah PLTG. PLTG membuang udara dengan suhu yang cukup tinggi. Udara yang bersuhu tinggi ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik lain. Maka dari itu, digunakan termoelektrik generator tipe SP1848-27145 sebagai sumber pembangkit listrik dengan memanfaatkan perbedaan temperatur (efek seebeck). Pengujian kali ini disimulasikan menggunakan torch yang disambungkan dengan gas portable sebagai sumber panas, modul termoelektrik sisi panas ditempelkan di sisi belakang heat sink menggunakan thermal paste sedangkan sisi dinginnya ditempelkan dengan waterblock yang menggunakan air sebagai media pendinginnya. Sehingga terjadi perbedaan temperature di kedua sisi dan menghasilkan tegangan. Berdasarkan hasil data pengujian dari sampel sebanyak 20 data, didapatkan rata-rata tegangan 18,17 V dan arus 0,3225 A. Adapun rata-rata temperatur yang didapat adalah 35,85°C.

Keywords


perbedaan temperatur, heat sink, termoelektrik generator, efek seebeck

Full Text:

PDF

References


Jefferson, Samuel Hans dan Chairul Hudaya. 2021. Rancang Bangun Sistem Pemanfaatan Panas Buang pada Kompor Portabel Menggunakan Thermoelectric Generator. Jurnal Tambora Vol. 5.

Taufik, Ahmad. 2018. Analisis Karakteristik Thermoelectric Komersil TEC1-12706 untuk Heat Energy Harvesting. Universitas Sumatera Utara.

Pasaribu, Faisal Irsan, et al. 2019. Memanfaatkan Panas Exhaust Sepeda Motor Sebagai Sumber Energi Listrik Memakai Thermoelectric. Journal of Electrical and System Control Engineering.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alya Hamida, Ir. Budi Santoso, S.T., M.T, Ir. Agus Sukandi, S.T, M.T