Analisa Pengadukan pada Prototipe Sistem Pengolahan Air Permukaan Menggunakan Sampel Air Kolam di Politeknik Negeri Jakarta


Muhammad Aji Setyonugroho, Almahdi - -, Noor Hidayati

Abstract


Sistem Pengolahan Air merupakan sebuah sistem pengolahan air baku yang berasal dari sumbernya menjadi air dengan kualitas yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sistem pengolahan air terdiri dari beberapa proses yaitu, proses pemindahan air dari sumber menuju sistem pengolahan air, proses koagulasi, proses flokulasi, proses sedimentasi, proses filtrasi. Pada proses koagulasi dilakukan pengadukan yang bertujuan untuk mencampur air baku dengan koagulan. Dalam pengadukan dibutuhkan sebuah motor untuk menggerakan impeller. Analisa kebutuhan daya motor, jenis dan ukuran impeller guna mendapatkan hasil pengadukan yang optimal

Keywords


Water Treatment; Coagulation; Stirring; Motor Power; Impeller Type and Size

Full Text:

PDF

References


Agustin, D. P. (2015). analisa gaya dan daya pada alat pengaduk mesin 3 in 1 pembuat kerupuk sermier dengan kapasitas 35kg/jam. Program Studi Diploma III Jurusan Teknik Mesin ITS.

Anggarani, B. O. (2015). Peningkatan Efektifitas Proses Koagulasi - Flokulasi dengan Menggunakan Alumunium Sulfat dan Polydadmac. Jurusan Teknik Lingkungan ITS.

Geankoplis, C. J. (1993). Transport process and unit operations (Vol. III). englewood cliffs, new jersey: A simon & schuster company.

Khurmi, R. S., & Gupta, J. K. (2005). Machine Design. Ram Nagar New Delhi: EURASIA PUBLISHING HOUSE (PVT.) LTD.

Masduqi, A., & Assomadi, A. F. (2012). Operasi & Proses Pengolahan Air (Vol. II). Surabaya: ITS Press.

Muhammad, E. M. (2017). Studi Pengaruh Kecepatan Impeller Terhadap Aliran Fluida dalam Fenomena Bioetahonal Secara Visualisai. Skripsi. Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri ITS.

Singgih, P. E. (2014). ANALISA ALIRAN FLUIDA PADA PIPA acrylic diameter 12,7 mm (0,5 inci) dan 38,1 mm (1,5 inci). Fakultas Teknologi Industri, Teknik Mesin Universitas Gunadarma, 14.

Suprana, Y. A. (2015). Pengaruh Pengadukan pada Pembentukan Sol - Silika Dari Sodium Silikat. Jurusan Teknik Kimia ITS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Aji Setyonugroho