Perancangan Penstabil Tegangan Keluaran Permanent Magnet Generator (PMG) pada PLTMH


Nelli Eka Novita Sari, Budi Santoso

Abstract


PLTMH merupakan salah satu energi konservasi ramah lingkungan dengan memanfaatkan aliran air untuk menggerakkan turbin dan mengubahnya menjadi energi listrik. Di lingkungan PT Badak NGL terdapat sumber energi terbarukan yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu limbah buangan air dari hasil proses pengolahan di kilang. Akan tetapi, aliran air yang menggerakkan turbin tidak stabil dan tegangan DC keluaran dari Permanent Magnet Generator (PMG) pada PLTMH terjadi fluktuasi. Oleh karena itu, penelitian ini berinisiatif untuk merancang penstabil tegangan dengan sistem Buck-Boost Converter. Buck-Boost Converter merupakan suatu rangkaian elektronika yang dapat menaikkan dan menurunkan nilai tegangan dimana nilainya dapat diatur dengan merubah duty cycle. Rangkaian dikendalikan oleh regulator dan mikrokontroler untuk menghasilkan tegangan keluaran stabil dilevel 12 volt DC. Berdasarkan hasil simulasi rangkaian pada software Proteus 8 Professional rangkaian rancangan yang dibuat dapat beroperasi baik dalam mode Buck maupun mode Boost dan disimpulkan dapat dilanjutkan untuk penelitian perancangan penstabil tegangan keluaran Permanent Magnet Generator (PMG) pada PLTMH.

Keywords


¬Buck-Boost Converter, Fluktuasi, Mikrokontroler, Penstabil Tegangan, Proteus

Full Text:

PDF

References


I. Galang, “Pemanfaatan Aliran Air Buangan di Lingkungan PT Badak NGL Untuk Memproduksi Green Energy Dengan Menggunakan Screw Turbine Generator,” 2020.

A. Adi Prasetyo, “RANCANG BANGUN PEMBUATAN PENSTABIL TEGANGAN PADA KELUARAN GENERATOR DC UNTUK PLTPH,” Pendidik. Tek. Elektro, Fak. Tek. Univ. Negeri Yogyakarta, 2016.

Y. I. A. Yani, “Rancang Bangun Buck-Boost Converter Pada Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro,” Elektron. Ind. Fak. Vokasi, Inst. Teknol. Sepuluh Nopember, Surabaya, pp. 1–119, 2017.

I. Solihat, “Rancang Bangun Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH),” J. Inov. Ilmu Pengetah. dan Teknol., vol. 2, p. 22, 2020.

A. Sukamta, Sri, Kumantoro, “Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Jantur Tabalas Kalimantan Timur,” J. Tek. Elektro, vol. 5 no.2, 2013.

P. H. Alnur, “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GENERATOR TIPE MAGNET PERMANEN FLUKS AXIAL,” Progr. Stud. Tek. Elektro, Fak. Teknol. Ind. Univ. Islam Indones., p. 283, 2016.

Y. Nakhoda and C. Saleh, “Rancang Bangun Generator Magnet Permanen Untuk Pembangkit Tenaga Listrik Skala Kecil Menggunakan Kincir Angin Savonius Portabel,” Setrum Sist. Kendali-Tenaga-elektronika-telekomunikasi-komputer, vol. 5, no. 2, p. 71, 2016, doi: 10.36055/setrum.v5i2.967.

S. Syamsir, Bomo Sanjaya, “RANCANG BANGUN AVR PADA SISI TEGANGAN RENDAH (TEGANGAN KONSUMEN) BERBASIS ATMEGA8,” Jur. Tek. Elektro, Fak. Tek. Univ. Tanjungpura, p. 01.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nelli Eka Novita Sari, Budi Santoso