PERANCANGAN SISTEM REMOTE MONITORING BERBASIS INTERNET of THINGS (IoT) PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO


Asti Prima Aulia, Hasvienda Mohammad Ridlwan, Yoga Dwi Utomo, Ellingga Rhidyo Sentosa Putra

Abstract


Penulisan paper ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang semakin meningkat, di antaranya pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Dengan dibangunnya PLTMH ini diharapkan agar dapat memfasilitasi energi listrik yang ramah lingkungan. Pada PLTMH ini dirancang sistem yang dapat me-monitoring kinerja PLTMH. Rancangan sistem remote monitoring pada paper ini dapat memantau arus, tegangan, dan daya keluaran generator ke beban, serta dilakukan perancangan sistem notifikasi low voltage pada PLTMH sehingga perbaikan dengan indikasi low voltage dapat dilakukan secara cepat dan tepat. Perancangan ini dilakukan dengan merancang alat pemantauan nirkabel berbasis Internet of Things (IoT) yang dihubungkan dengan penampil antar muka berupa aplikasi Blynk dan Telegram melalui jaringan WiFi. Perangkat yang dibutuhkan dalam perancangan alat ini adalah mikrokontroler, sensor arus, sensor tegangan, serta beberapa perangkat lunak pendukung lainnya.

Keywords


mikrohidro, monitoring, IoT

Full Text:

PDF

References


Tim Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, “Indonesia Energy Out Look 2019,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

R. Bagas and Syaiful, “Efek Pemakaian Low Purity Methanol terhadap Kepekatan Asap (Smoke Opacity) pada Mesin Diesel dengan Sistem EGR,” Pros. SNST, pp. 7–12, 2013.

H. Matalata, “Listrik mikro hidro berdasarkan Potensi debit andalan sungai batanghari kota jambi,” J. Electr. Power Control Autom., vol. 1, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.33087/jepca.v1i1.2.

“Mikrohidro,” http://ditjenppi.menlhk.go.id/, 2017. http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/inovasi/339-mikrohidro-2.

N. Chandra, “Rancang Bangun Alat Informasi Kode Error Mesin Game Berbasis Mikrokontroler,” J. Informatics Telecommun. Eng., vol. 1, no. 1, p. 14, 2017, doi: 10.31289/jite.v1i1.570.

“Pengertian Mikrokontroler (Microcontroller) dan Strukturnya,” https://teknikelektronika.com/. https://teknikelektronika.com/pengertian-mikrokontroler-microcontroller-struktur-mikrokontroler/.

Y. I. A. Yani, Rancang Bangun Buck-Boost Converter Pada Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. 2017.

F. A. Firdaus, “RANCANG BANGUN SISTEM UTILITAS DAN EVALUASI EFEKTIVITAS PADA PURWARUPA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DENGAN SISTEM PENJEJAK CAHAYA,” Politeknik Negeri Jakarta, 2020.

M. Sobri Sungkar, “Sistem Keamanan Rumah Berbasis Internet of Things,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 9, no. 2, pp. 96–98, 2020, doi: 10.30591/smartcomp.v9i2.1972.

R. Geraldi, “Rancang Bangun Kemanan Rumah Menggunakan Botfather Telegram,” vol. 01, no. 2, pp. 13–26, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asti Prima Aulia, Hasvienda Mohammad Ridlwan