Rancang Bangun Sistem Kontrol Drive dan Air Purging Pada Sensor Flowsic di Area Stack Raw Mill Narogong 2


Ahmad Muhyiddin, Hasvienda Mohammad Ridlwan, Irwan Haryadi, Titok Pangesti Aji

Abstract


Sensor flowsic adalah salah satu instrument di area stack yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran gas [m/s], temperatur stack [°C], debit aliran gas [m3/s], temperatur transducer A dan B [°C]. Masalah yang sering terjadi pada sensor flowsic, yaitu timbulnya efek panas pada transducer A dan B akibat penggunaan secara terus-menerus. Probe pada ujung sensornya juga sering mengalami plug up material yang dapat menyebabkan proses pengukuran menjadi terganggu. Hal ini dapat mempengaruhi izin operasi pabrik karena monitoring emisi gas buang akan diawasi langsung oleh KLHK. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan perawatan sepekan sekali, namun aktivitas tersebut sangatlah berbahaya karena berada di ketinggian tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjaga kestabilan pengukuran sensor flowsic dan juga mengurangi frekuensi perawatan. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang dapat mendukung tujuan tersebut, diantaranya sistem kontrol drive yang menggunakan VFD Yaskawa V1000 dengan daya 2,2 kW, berfungsi untuk mengontrol aliran udara pendinginan sensor dan sistem kontrol air purging yang menggunakan PLC Siemens LOGO! 230RCE sebagai kontroler utamanya, berfungsi dalam penyemprotan udara bertekanan ke arah ujung probe sensor flowsic. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem dapat memaksimalkan pendinginan sensor dan mengurangi plug up material. Sehingga, proses pengukuran menjadi stabil dengan pembacaan velocity rata-rata 13,56 m/s.

Keywords


Sensor flowsic; temperatur transducer; plug up material; VFD; PLC.

Full Text:

PDF

References


PT Solusi Bangun Indonesia, “Profil Perusahaan,” 2021. https://solusibangunindonesia.com/ (accessed Apr. 11, 2021).

M. A. Caronge, “ANALISIS TINGKAT EMISI PADA CEROBONG ASAP PABRIK SEMEN TONASA PANGKEP,” J. Purifikasi, vol. 18, no. 2, 2018, doi: 10.12962/j25983806.v18.i2.371.

M. I. Hasibuan, “STACK GAS DESIGN (DESAIN CEROBONG ASAP),” Bandar Lampung, 2017.

S. E. GmbH, Operating Instructions FLOWSIC100, 2nd–2nd ed. Ottendorf-Okrilla-Germany: GmbH, SICK Engineering, 2019.

A. FITRIANTO, “ANALISA KINERJA ELECTROSTATIC PRECIPITATOR (ESP) BERDASARKAN HASIL PERUBAHAN EMISI PADA POWER BOILER PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (Studi Kasus di PLTU Lestari Banten Energy),” p. 13, 2018.

S. A. Yusuf and U. Khasanah, “Kajian Literatur dan Teori Sosial dalam Penelitian,” Ekon. Syariah, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AHMAD MUHYIDDIN, Hasvienda Mohammad Ridlwan, Irwan Haryadi, Titok Pangesti Aji