Perancangan Alat Perubah Bentuk Pipa PVC dari Penampang Bulat Menjadi Segiempat Dengan Kontrol Pneumatik


Dimas Prasetyo, Sugeng Mulyono, Sidiq Ruswanto

Abstract


Pipa PVC adalah pipa plastik yang terbuat dari material termoplastik berjenis polivinil klorida. Pada penggunaannya selain sebagai saluran fluida, pipa PVC dapat digunakan untuk hal lain seperti penyambung (jointer) antar bagian suatu alat (part). Sebelum digunakan sebagai jointer penampangnya harus diubah terlebih dahulu, dari penampang bulat menjadi segiempat. Pada tugas akhir ini akan dirancang sebuah alat untuk merubah bentuk pipa dari penampang bulat menjadi penampang segi empat yang akan digunakan di suatu industri dimana di industri tersebut saat ini proses pembuatannya masih dilakukan secara manual. Dengan proses manual mengakibatkan bentuk yang dihasilkan tidak maksimal baik dari segi ukuran maupun keseragaman bentuknya sehingga banyak yang gagal dan tidak dapat digunakan. Perancangan diawali dengan cara obervasi lapangan dan studi literatur. Setelah dilakukan perancangan dan perhitungan didapatkan hasil alat perubah bentuk ini bekerja secara semi otomatis dengan cara melakukan penekananan pada bagian dalam pipa PVC menggunakan 2 buah punch yang saling berhadapan. Alat ini menggunakan sistem kerja elektro pneumatik dengan tekanan operasional 6 bar, dengan dimensi keseluruhan 1170×570×1243 mm, memiliki ukuran cetakan 49,3 mm×23,6mm, menggunakan 2 buah silinder DSBC 80 100, 1 buah silinder DSBC 80 60, dan 1 buah silinder DSNU-S 8 50.

Keywords


Pipa PVC; Jointer; Alat Perubah Bentuk; Elektro Pneumatik

Full Text:

PDF

References


Akbar, Fathan, Nova Lailatul Rizkiyah, and Mikrajuddin Abdullaha. “Minimal Tools for Accurately Measuring the Coefficient of Kinetic Friction.” arXiv (2019): 1–9.

Buchori, Luqman. “Buku Ajar Perpindahan Kalor UNDIP,” 2004.

C. Rouff, H. Werner. Electro-Pneumatics Workbook Advanced Level TP202. 12th ed. Festo Didactic KG, 1993.

Croser, Peter, Frank Ebel, and Basic Level. Pneumatics Basic Level TP101. 10th ed. Festo Didactic GmbH & Co., 2002.

Festo, When, and Machinery Directive. “Operating Conditions and Standards in Pneumatics” (2011): 1–23.

Merah, Necar, M. Irfan-ul-Haq, and Z. Khan. “Temperature and Weld-Line Effects on Mechanical Properties of CPVC.” Journal of Materials Processing Technology 142, no. 1 (2003): 247–255.

Singh, R. Paul, and Dennis R. Heldman. Introduction to Food Engineering: Fifth Edition. Introduction to Food Engineering: Fifth Edition, 2014.

Sugihartono. Dasar-Dasar Kontrol Pneumatik. Bandung: TARSITO, 1985.

Wirawan, and Pramono. “Bahan Ajar Pneumatik Hidrolik.” Bahan Ajaran Peneumatik-Hidrolik (2010).

JIS K 6741. Tokyo: Japanese Standards Association, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dimas Prasetyo, Sugeng Mulyono, Sidiq Ruswanto