Root Cause Analysis Kerusakan Bearing Pada Gearbox Overhead Crane 10T


Rofiqun Nawawi, Muslimin Muslimin, Pribadi Mumpuni Adhi

Abstract


Crane bekerja dengan mengangkat kemudian memindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya sepanjang jalur crane tersebut. Salah satu bagian utama dari overhead crane adalah bagian pengangkat (hoisting). Bagian pengangkat ini terdiri dari motor penggerak, transmisi (gearbox), dan rope drum. Pada penulisan ini terjadi kasus dimana adanya ketidaknormalan fungsi pada sistem pengangkat crane. Perusahaan melakukan overhaul pada gearbox dan diketahui terdapat kerusakan bearing yang baru dilakukan penggantian 3 bulan sebelumnya dimana hal tersebut dinilai terlalu cepat. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mencari akar penyebab kerusakan bearing tersebut dengan menggunakan metode root cause analysis. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kerusakan terjadi karena pengoperasian crane yang melebihi kapasitas, serta pengaplikasian bearing dan pelumas yang tidak sesuai. Kemudian dilakukan perhitungan untuk menemukan solusi bearing dan pelumas yang tepat. Dari hasil perhitungan tersebut didapatkan rekomendasi untuk penggunaan bearing SKF 30207 dengan prediksi penggantian setelah 10743 – 20412 jam operasi dan penggunakan pelumas yang memiliki viskositas VG 320 dengan interval penggantian pelumas selama 6 bulan sekali. Solusi tersebut diharapkan dapat menyesuaikan waktu perawatan dengan waktu crane tersebut bekerja secara terencana.

Keywords


RCA; Bearing; Gearbox; Crane

Full Text:

PDF

References


H. G. Greiner, “Crane Handbook.” Harvey, 1967.

N. Gillich, N. Sîrbu, S. Vlase, and M. Marin, “Study of Metallic Housing of the Adder Gearbox to Reduce the Noise and to Improve the Design Solution,” Metals (Basel)., vol. 11, no. 6, 2021.

A. Stokes, Manual Gearbox Design. 1992.

D. Arisandi, Teori Bantalan Gelinding. Bandung, 1993.

R. K. Upadhyay, L. A. Kumaraswamidhas, and M. S. Azam, “Rolling Element Bearing Failure Analysis: A Case Study,” Case Stud. Eng. Fail. Anal., vol. 1, no. 1, pp. 15–17, 2013.

R. K. Mobley, Root Cause Failure Analysis. Britania Raya, 1999.

C. R. Gillette, “NSK Rolling Bearings, Catalogue No. E1102m,” Gen. Lubr. Eng. Pract.

R.S. Khurmi & J.K. Gupta., Machine Design, no. I. New Delhi: Eurasia Publishing House, 2005.

S. Group, “Rolling bearings SKF mobile apps,” pp. 1–1722, 2018.

T. K. Setiawan, “ANALISA KERUSAKAN GEARBOX OVERHEAD CRANE 10T DI PT. INKA (Persero) MADIUN DENGAN METODE OIL USED ANALYSIS,” Surabaya, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rofiqun Nawawi, Muslimin Muslimin, Pribadi Mumpuni Adhi