Sistem Kontrol Berbasis Arduino dan LDR Pada Solar Tracker


Crespo Morantes, Emir Ridwan, Hasvienda Mohammad Ridlwan

Abstract


Panel surya adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik sesuai kebutuhan listriknya. Terdapat beberapa faktor dari pengoperasian sel surya agar mendapatkan nilai yang maksimum, salah satu faktor tersebut adalah posisi panel surya. Posisi panel suya dapat bergerak sesuai dengan matahari menggunakan Arduino Uno, Arduino ini akan mengontrol pergerakan motor servo yang di kopel menggunakan solar tracker yang akan bergerak sesuai dengan arah cahaya dari matahari menggunakan sensor LDR (Light Dependent Resistor) sehingga akan memakasimalkan penyerapan cahaya matahari oleh solar cell, Agar kualitas servo menjadi awet dibantu juga oleh rangkaian pembagi tegangan atau voltage divider, voltage divider ini berfungsi sebagai pengaman tegangan sebelum masuk motor servo yang berasal dari tegangan sumber, supaya sebelum tegangan input masuk ke motor servo, voltage divider ini akan menurunkan tegangan yang berasal dari sumber agar sesuai dengan tegangan masuk pada motor servo yang di inginkan.

Keywords


solar tracker, motor servo, rangkaian pembagi tegangan, LDR,

Full Text:

PDF

References


Rif’an, M., Pramono, S. H., Shidiq, M., Yuwono, R., Suyono, H., & Suhartati, F. (2012). Optimasi Pemanfaatan Energi Listrik Tenaga Matahari Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Jurnal EECCIS, 6(1), 44–48.

Roni Syafrialdi, & Wildian. (2015). RANCANG BANGUN SOLAR TRACKER BERBASIS MIKROKONTROLER ATmega8535 DENGAN SENSOR LDR DAN PENAMPIL LCD. Jurnal Fisika Unand, 4(2), 113–122.

Hery Saptono,Gatot Eka Pramono , & Hablinur Al Khindi (2018). ANALISA DAYA DAN KONTROL KECEPATAN MOTOR PADA ALAT BANTU LAS ROTARY POSITIONER TABLE. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik,Universitas Ibn Khaldun Bogor. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 4, No 1.

Ardina, G. B. (2019). “ Rancang Bangun Dual Axis Solar Tracker Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno ,” 1–11.Rinaldy, R., Christianti, R. F., & Supriyadi, D. (2014). Pengendalian Motor Servo Yang Terintegrasi Dengan Webcam Berbasis Internet Dan Arduino. Jurnal Informatika,Telekomunikasi Dan Elektronika, 5(2), 17–23. https://doi.org/10.20895/infotel.v5i2.59

Winarno, I., & Wulandari, F. (2017). Solar Tracking System Single Axis Pada Solar Sel Untuk Mengoptimalkan Daya Dengan Metode Adaptive Neuro- Fuzzy Inference System ( Anfis ). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, (November), 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Crespo Morantes, Emir Ridwan, Hasvienda Mohammad Ridlwan