Perancangan vibrator untuk optimalisasi feed rate weight feeder iron sand 331-WF04


irfan riadi, Muslimin Muslimin, Aidil Fitra

Abstract


Rawmill menjadi tempat penggilingan awal raw material yang langsung dari quarry, terdapat 4 bahan dasar yang digunakan yaitu limestone, siltstone (silica), shale dan iron sand. Rawmill pada PT. Solusi Bangun Andalas sendiri menggunakan jenis Ball Mill. Dalam proses transport menuju Rawmill, khususnya iron sand mengalami kendala dalam hal transport. Pada saat proses transport di dalam hopper iron sand sering terjadinya material blocking yang menyebabkan material menggantung pada hopper sehingga tidak adanya laju material ke weight feeder 331-WF04. Hal tersebut menyebabkan load pada weight feeder iron sand kosong sehingga percentage iron sand error, bila tersebut sering kali terjadi akan mempengaruhi kualitas raw meal yang akan dihasilkan dari penggilingan awal pada Rawmill. Pemasangan vibrator pada hopper iron sand X91-3B01 berfungsi untuk mengoptimalisasi feed rate weight feeder yang dapat dioperasikan secara manual di area. Spesifikasi dari hopper untuk vibrator yang digunakan adalah model KEE-75-4B 3 phase 4pole dengan tipe instalasi yang digunakan adalah short mounting base channel with angle runners. Agar meminimalisir blocking material pada hopper menyediakannya tempat penyimpanan tertutup ( storage ) untuk iron sand.

Keywords


Iron sand; Vibrator; Hopper; Weight Feeder

Full Text:

PDF

References


Cleveland Vibrator Company. “Selection Guide for Air and Electric Vibrators for Hoppers, Bins, Chutes and Pipes”. https://www.clevelandvibrator.com/images/documents/selection%20guide%20for%20industrial%20vibrators.pdf ( diakses 09 Juni 2021 )

Best Process Solutions,inc. “Rotary Electric Motors Installation and Maintenance Manual”. https://www.bpsvibes.com/wp-content/uploads/2016/04/BPS-industrial-vibrating-motor-manual-web.pdf ( diakses 17 Juni 2021 )

Uras Techno Co., Ltd. “High-Performance Vibrators Uras Vibrator”. https://www.uras-techno.co.jp/pdf/catalog/en/uras_vibrator_en.pdf ( diakses 17 Juli 2021 )

Fischer, Heinzler., dkk. 2006. “Mechanical and Metal Trade handbook”. Germany : Verlag Europa Lehrmittel.

Putra, Ivan A. dan M. Ikbal S. 2020. “Analisa Penyebab Sobeknya Belt Weight Feeder 535-WF2”. Fakultas Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta.

Azizah, Dzakiyatul. dan M. Nashirul M. 2017. “Case Study of Modified Weight Feeder Coal Mill L64-WF1 to Minimize Slip on Belt”. Fakultas Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta.

Suprianto. 2015. "Pengertian Push Botton Switch (Saklar Tombol Tekan)”. http://blog.unnes.ac.id/antosupri/pengertian-push-button-switch-saklar-tombol-tekan , ( diakses 02 Juli 2021 )

Poetry, Milla Eka. 2015. “Volume Limas Terpancung Datar”. Pendidikan Matematika. Riau: UIN SUSKA.

Cement Computer Information Lafarge


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 irfan riadi