Perbandingan Efisiensi Panel Surya Dengan Pemanfaatan Heatsink dan Pengaruh Instalasi Sensor Pada Panel Surya


Dara Shanea Harafany, Sonki Prasetya, Agus Sukandi

Abstract


PLTS merupakan pembangkit listrik tenaga matahari yang bisa di bilang ramah lingkungan karena untuk pengopersiannya tidak perlu menggunakan bahan bakar sama sekali .Panel surya terbagi menjadi 3 jenis yaitu monocrystal,polycrystal dan thin film dan efisiensi dari ketiga jenis tersebut lebih besar monocrystal sebesar 15% ,panel surya akan beroperasi dengan baik apabila bekerja pada suhu operasinya yaitu sebesar 25℃ dari kebanyakan kasus efisensi panel surya menurun di akibatkan peningkatan suhu pada panel surya .Sebelumnya Tim peneliti telah melakukan penelitian pada panel surya 170 wp menggunakan beberapa metode sistem pendingin mengaplikasikan heatsink dengan menafaatkan natural cooling dan simulasi angin menggunakan fan tetapi hal tersebut tidak mampu mendinginkan seukuran panel surya 170 Wp kemudian tim peneliti melakukan penelitian pada panel surya 10 wp dengan mengaplikasikan heatsink seluas panel 10 WP dengan dua motode sistem pendingin air dan sistem pendinginan menggunakan fan .Sehingga dapat di bandingankan efektifitas dari penggunaan kedua sistem pendingin tersebut.

Keywords


Suhu;Efisiensi;,Sistem Pendingin;Perbandingan

Full Text:

PDF

References


[1] J. S. Pane, “SIAPKAH KITA MEMASUKI ERA ENERGI NUKLIR ?,” 2002, [Online]. Available: https://www.rudyct.com/PPS702-ipb/05123/jupiter_pane.htm.

[2] ImamKholiq, “PEMANFAATAN ENERGI ALTERNATIF SEBAGAI ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENDUKUNG SUBTITUSI BBM,” 2015.

[3] S. Energy, “SUN ENERGY Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap,” 2021. https://sunenergy.id/blog/pembangkit-listrik-tenaga-surya/.

[4] Deny Suryana, “Pengaruh Temperatur / Suhu Terhadap Tegangan Yang Dihasilkan Panel Surya Jenis Monokristalin (Studi Kasus: Baristand Industri Surabaya),” 2016.

[5] RezaPahlevi, “PENGUJIAN KARAKTERISTIK PANEL SURYA BERDASARKAN INTENSITAS TENAGA SURYA,” 2014.

[6] J. G. Z. Sonki Prasetya ,Li Li, Greg Hunter, “Prospect of Renewable Energy Utilization in a Indonesian City through Microgrid Approach,” Australian Universities Power Engineering, 2012.

[7] A. D. Afriyani1*, S. Prasetya2, and dan Rahman Filzi1, “Analisis Pengaruh Posisi Panel Surya terhadap Daya yang dihasilkan di PT Lentera Bumi Nusantara,” 2019.

[8] M. Widyartono, “PENGARUH EFEK SUHU TERHADAP KINERJA PANEL SURYA,” 2020, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/230818294.pdf.

[9] wikipedia, “Pembangkit listrik tenaga surya.” 2021.

[10] S. B. Cristiana Honsberg, Photovoltaic Devices,. 1999.

[11] J. A. D. A. B. (Deceased), Solar Engineering of Thermal Processes. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dara Shanea Harafany, Sonki Prasetya, Agus Sukandi