Prototype Sistem Proteksi Arus Beban Lebih pada Panel Surya


Bayu Anugerah Putra, Emir Ridwan, Hasvienda Mohammad Ridlwan

Abstract


Sistem proteksi pada peralatan tenaga listrik sangat diperlukan untuk kualitas listrik, sistem proteksi yang baik mampu melokasilisir keadaan dari gangguan seperti kelebihan beban dan hubung singkat. Pengendalian dari sistem proteksi sendiri harus cepat dan sensitif dalam merespon gangguan, sehingga langsung memerintahkan sistem proteksi untuk bekerja. Dalam penelitian ini dibuat Prototipe Proteksi Arus beban lebih terdiri dari komponen seperti Sensor Arus ACS 712 30 Ampere, Mikrokontroller Arduino Uno, relay 5 Volt DC, baterai 9 volt dan komponen pendukung lainnya. Dalam proses pengujiannya menggunakan lampu dengan daya 10 Watt dengan tegangan 12Vdc sebanyak 2 buah dan pompa DC 50 Watt dengan tegangan 12 volt. Apabila terjadi arus lebih dari batas maksimal arus yang ditentukan, maka sistem proteksi akan memutus dengan bantuan kontak relay NC 5Vdc yang menandakan bahwa Sedang terjadi arus beban lebih.

Keywords


Sistem Proteksi; Sensor ACS712; Relay

Full Text:

PDF

References


ESDM, (2012). Matahari Untuk PLTS di Indonesia.

S. Energy, (2021). Sun Energy Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap

Prayogo, Hadi.dkk. (2014). Prototype Proteksi Arus Lebih Menggunakan Current Transformer Berbasis Mikrokontroller Atmega32. Universitas Lampung.

Wibowo, Riyanto. (2009). Studi Penggunaan Solar Reflector Untuk Optimalisasi Output Daya Pada Photovoltaic Modu. Universitas Kristen petra. Surabaya.

Rosalina, dan Sinduningrum, Estu. (2019). Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Lahan Pertanian Terpadu Ciseeng Parung-Bogor. Program Studi Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA.

Winarmo, Istiyo., dan Wulandari, Firdaus. (2017). Solar Tracking System Single Axis Pada Solar Sel Untuk Mengoptimalkan Daya Dengan Metode Adaptive Neurofuzzy Inference System (Anfis).Teknik Elektro. Surabaya.

Almanda, Deni., dan Yusuf, Habil. Perancangan Prototype Proteksi Arus Beban Lebih Pada Beban DC Menggunakan Mikrokontroller.Jurusan Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Harianto, Dwi Puji.dkk. (2009). Analisis Koordinasi Over Current Relay Dan Recloser Di Sistem Proteksi Feeder Gardu Induk Semen Nusantara (Snt 2) Cilacap.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bayu Anugerah Putra, Emir Ridwan, Hasvienda Mohammad Ridlwan