Pengaruh Perbedaan Posisi Sudut Kemiringan Panel Surya 120 watt peak Terhadap Peningkatan Efisiensi


Nabila Pramesti Sartono, Emir Ridwan, Hasvienda Mohammad Ridlwan

Abstract


Listrik merupakan salah satu kebutuhan pendukung aktivitas manusia dan sudah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari manusia. Sehingga penelitian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi menarik sebagai energi alternative menghasilkan listrik. Salah satu keunggulan nya karena pengolahan listrik tenaga surya ramah akan lingungan. Dalam hal ini panel surya surya yang terpasang kebanyakan bersifat statis atau diam, sehingga proses penyerapan energi matahari oleh panel surya kurang maksimal. Untuk mendapatkan energi matahari yang maksimal, maka posisi panel surya tersebut harus mengikuti arah datangnya sinar matahari. Pada penelitian kali ini telah di tentukan sudut kemiringan yang sesuai untuk posisi panel surya, di karenakan setiap jam matahari akan terus bergerak ke arah barat dimana posisi sudut panel surya akan terus mengikuti arah pergerakan matahari setiap jamnya, perhitungan sudut kemiringan panel surya akan membuat panel surya mendapatkan intensitas cahaya lebih maksimal dibandingkan posisi panel surya statis. Dari hasil penellitian menunjukan dengan menggunakan metode perhitungan sudut kemiringan maka efisiensi yang dihasilkan lebih besar dibandingkan panel surya statis. Disimpulkan bahwa metode perhitungan sudut kemiringan yang di usulkan dapat menambah daya energi matahari lebih banyak daripada tanpa menggunakan metode (statis).

Keywords


Panel Surya; Sudut Kemiringan; Efisiensi

Full Text:

PDF

References


Wijayanti F. (2012). Analisis Sistem dan Proses Penyimpanan Energi Surya. Jurnal Fakultas Teknik. Universitas Islam Malang.

Prima, Gia Rajawali. (2015). Penggunaan Panel Surya (Solar Cell) Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif Untuk Pompa Akuarium Dan Pemberi Makan Otomatis. Fakultas Teknik Elektro, Universitas Muhamadiyah Surakarta.

ESDM, (2012). Matahari Untuk PLTS di Indonesia.

S. Energy, (2021). Sun Energy Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap.

Kodrat, Fauzi Wirawan.dkk. (2018). Perancangan dan Realisasi Solar Tracking System Untuk Peningkatan Efisiensi Panel Surya Menggunakan Arduino Uno. Fakultas Teknik Elektro. Universitas Islam Negeri SGD Bandung.

Rido, Fahri.(2019). Penggunaan Energi Surya Berupa Surya Panel Dengan Kapasitas 50 Wp Untuk Kebutuhan Rumah Sedrhana. Universitas Trisakti. Jakarta.

Julisman, Andi.dkk. (2017). Prototipe Pemanfaatan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Pada Sistem Otomasi Atap Stadion Bola. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Prawirowardoyo, Susilo. (1996). Meteorologi. Bandung : ITB.

Tomo, Adjie Widthyo. (2020). Perancangan Penggerak Panel Surya Berbasis Mikrokontroller Atmega 32a Terhadap Perputaran Waktu / Jam. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Muttaqin, Rusdan. (2017). Analisa performansi dan monitoring pembangkit listrik tenaga surya di departemen teknik fisika FTI-ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Yohana, Eflita dan Darmanto. (2012). Uji Eksperimental Pengaruh Sudut Kemiringan Modul Surya 50 Watt Peak Dengan Posisi Megikuti Pergerakan Arah Matahari, Universitas Diponegoro. Semarang.

Rosalina, dan Sinduningrum, Estu. (2019). Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Lahan Pertanian Terpadu Ciseeng Parung-Bogor. Program Studi Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA.

Cristiana Honsberg, Stuat Bowden, 1999, Photovoltaic Devices, system and Aplication PVCDROM 1.0, Australia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nabila Pramesti Sartono, Emir Ridwan, Hasvienda Mohammad Ridlwan