Rancang Bangun Oven Sandcore


fuad aziz, Muslimin Muslimin, Sidiq Ruswanto

Abstract


Rancang bangun ini membuat mesin oven sandcore di pabrik PCC PT.Wijaya Karya Industri & Konstruksi. Mesin ini digunakan untuk proses pengeringan hasil dari sandcasting berupa sandcore dengan pemanfaatan sistem perpindahan panas dengan menggunakan elemen pemanas tubular U-form. Produksi alumunium casting tidak jarang sekali mengalami reject dengan kondisi porosity dikarenakan adanya oksidasi yang terjadi pada hasil cetakan sandcore sehingga terganggunya laju produksi. Untuk memperbaiki hal tersebut diperlukan sebuah mesin ovend sandcore yang dapat menghilangkan kadar uap yang terjebak di dalam hasil cetakan sandcasting berupa sancore.

Metededologi yang digunakan adalah dengan observasi lapangan untuk mengetahui masalah produk reject dalam laju produksi. Kemudian ditentukan mesin yang tepat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Setelah itu dilakukan perancangan mesin berupa oven sandcore. Proses perancagan mesin mempertimbangkan hasil dari diskusi dengan dosen pembimbing dan pembimbing industri. Selanjutnya mesin memasuki tahap fabrikasi sesuai dengan proses manufaktur dan setelah proses fabrikasi selesai mesin di uji coba. Hasil uji coba tersebut membuktikan bahwa mesin oven sandcore berhasil mengurangi produk reject dan meningkatkan laju produksi.

Keywords


oven ; sandcore ; perpindahan panas ; proses manufaktur ; kadar uap

Full Text:

PDF

References


Nursyahuddin, D., & Gasni, D. Proses Perancangan Sistem Mekanik dengan Pendekatan Terintegrasi: Studi Kasus Perancangan Alat Uji Pin On Disc. Teknika, 21(1), 14–29 (2014)

Budiarti, A. Aplikasi Dan Analisis Literatur Fasilkom UI, 4–25. (2006)

Manufaktur, D. P., & Pembelajaran, H. TI-2121 : Proses Manufaktur. 1–21. (2003)

Munawaroh, L. Konsep Dasar Proses Penuaan. Repository Unimus, 28. (2017)

Ismoyo Andi. S.E. M.M. et al. Buku Ajar Perancangan Tata Letak Fasilitas. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. (2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 fuad aziz