Perancangan Adjustable Welding Table Yang Ergonomis Berdasarkan Pertimbangan Antropometri Di Bengkel Teknik Mesin


Rifki Setiawan, Sugeng Mulyono, Darius Yuhas

Abstract


Praktik kerja pengelasan menjadi mata kuliah wajib mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta. Namun kondisi meja sebagai alat bantu praktik kerja pengelasan yang ada dinilai kurang ergonomis. Akibatnya mahasiswa sering kali mengalami kesulitan dan kelelahan. Dalam proses merancang mesin atau peralatan kerja, perlu diterapkan aspek ergonomi, salah satunya yaitu dengan menerapkan ilmu antropometri. Dengan menerapkan ilmu antropometri, alat akan dirancang berdasarkan ukuran tubuh manusia. Hal itu karena setiap manusia memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang berbeda-beda. Dengan menerapkan ilmu antropometri akan terciptanya kesesuaian antara pengguna dengan peralatan kerja. Adjustable Welding Table adalah meja las yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Meja las ini dirancang dengan memperhatikan aspek ergonomi dan ilmu antropometri. Tujuannya adalah agar meja las yang dirancang dapat memberi kemudahan serta kenyamanan saat proses kerja pengelasan dan bertujuan memperbaiki postur tubuh untuk mengurangi keluhan musculoskeletal disorders (MSDs). Metode perancangan meja las ini dilakukan dengan mengidentifikasi masalah, melakukan studi literatur, pemilihan desain, perancangan, dan analisis perancangan berdasarkan aspek ergonomi dan ilmu antropometri.

Keywords


Ergonomi; Antropometri; Adjustable Welding Table; Musculoskeletal Disorder

Full Text:

PDF

References


Hedge, A. (2013). Hand Tool Design. August, 1–7.

Nurmianto, E. (1991). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya. Guna Widya.

OSHA. (2002). Ergonomic: The Study of work. US Departement of Labor Occupational Safety and Health Administration. OSHA 3125.

R.S Bridger. (2003). Introduction to Ergonomic. Taylor & Francis e-Library. https://doi.org/10.1201/b18012-9

Suhardi. (2015). Perancangan Sistem Kerja. UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).

Susanti, L., Zadry, H., & Yuliandra, B. (2015). Pengantar Ergonomi Industri. Andalas University Press.

Tarwaka, & Bakri, S. H. A. (2004). Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. UNIBA PRESS. http://shadibakri.uniba.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/Buku-Ergonomi.pdf

Wiryosumarto, H., & Okumura, T. (2000). Teknologi Pengelasan Logam (Vol. 8). PT Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rifki Setiawan, Sugeng Mulyono, Darius Yuhas