ANALISIS KEKUATAN KERANGKA PADA RANCANG BANGUN MESIN PRESS MOTOR SHAFT REMOVAL SUBMERSIBLE AXIAL FLOW PUMP 2,2 KW SAMPAI 22 KW


Aldo Johannes Parulian, Rosidi Rosidi, Indriyani Rebet

Abstract


Pompa submersible (pompa benam) adalah pompa yang bekerja dengan posisi pompa secara keseluruhan terendam di dalam air. Dikarenakan getaran yang tinggi pada impeller pompa, shaft pada pompa submersible sering mengalami kerusakan seperti bengkok dan aus. Untuk mempermudah pengerjaan perbaikan shaft pompa, maka sangat diperlukan alat atau mesin yang dapat melepas suaian antara motor dan shaft pompa submersible karena suaian antara motor dan shaft sebuah pompa submersible memiliki tingkat kesesakan yang sangat tinggi. Mesin Press ini dirancang dan dibuat untuk memudahkan pekerjaan seorang teknisi dalam melepaskan rotor dari shaftnya agar shaft tersebut dapat diperbaiki dengan cara dibubut ataupun di fabrikasi ulang. Mesin press ini berbasis tenaga hidrolik dengan kapasitas 10ton yang mampu melepas suaian pompa submersible 2,2 kW hingga 22 kW.
Metodologi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi dan pengumpulan informasi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan dan dibutuhkan sebagai dasar dalam merancang. Setelah perancangan selesai dan dievaluasi, kemudian dilakukan proses pemesinan seperti pemotongan material, pengeboran, pengelasan dan finishing.
Setelah proses perancangan dan pembuatan mesin selesai, mesin press tersebut diuji coba. Hasil dari uji coba tersebut menunjukkan keberhasilan mesin press dalam melepas suaian antara shaft dan motor.

Keywords


Mesin press; motor; shaft; hidrolik; pompa submersible

Full Text:

PDF

References


Khurmi, R.S. and J.K. Gupta, 2005. A Textbook of Machine Design. New Delhi: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD.

Sularso. (2000) Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Gupta, K.M. 2015. Engineering Materials. Florida: Taylor & Francis Group.

Mott, Robert, L. 2009. Elemen-Elemen Mesin Dalam Perancangan Mekanis. Yogyakarta: ANDI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aldo Johannes Parulian, Rosidi Rosidi, Indriyani Rebet