ANALISIS PERANCANGAN KEKUATAN HIDROLIK PADA RANCANG BANGUN MESIN PRESS MOTOR SHAFT REMOVAL SUBMERSIBLE PUMP


Derio Hizkia Purba, Rosidi Rosidi, Indriyani Rebet

Abstract


Menghancurkan sebuah benda, menekan, mendorong maupun mengangkat adalah kemampuan utama sebuah alat seperti hidrolik, hidrolik dirancang untuk menghasilkan sebuah tekanan tinggi yang mengubah energi tekanan cairan menjadi energi mekanik, serta menghasilkan torsi dan kecepatan.. Di dalam penelitian ini hidrolik bertujuan untuk melepas poros dari motor untuk proses perbaikan ataupun penggantian poros yang baru dengan bantuan struktur mesin press sebagai penopang-nya. Desain dimulai dengan mengobservasi data yang diperlukan, diikuti dengan analisis dan perhitungan komponen hidrolik ,kemudian gambar teknik dan penyelesaian. Hasil dari perancangan hidrolik menghasilkan hidrolik dengan kapasitas 10 ton, tekanan fluida yang bekerja pada silinder (P) 44Mpa. Dari hasil perhitungan didapatkan gaya maksimum 91872 N, tegangan tarik ijin bahan 130 Mpa, material yang digunakan untuk silinder adalah Baja ST52 dan material Piston silinder adalah S30C. kapasitas penyimpanan oli adalah 200ml untuk silinder angkat, sehingga volume minimal untuk silinder pump adalah 300ml. Karenanya semakin besar diameter poros yang akan dilepas maka semakin besar tekanan hidrolik yang dibutuhkan

Keywords


Mesin press; motor; shaft; hidrolik; pompa submersible

Full Text:

PDF

References


Khurmi, R.S. and J.K. Gupta, 2005. A Textbook of Machine Design. New Delhi: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD.

Durfee, W. Dan Zun, Z. 2009. Fluid Power System Dynamics. Minnesota: A National Science Foundation Engineering Research Center.

Malachy Sumaila and Akii Okonigbon Akaehomen Ibhadode, 2016. Design and Manufacture of a 30-ton Hydraulic Press. Yola, Adamawa State, Nigeria: University of Benin.

Rexroth Bosch Group,2012. Hydraulic Cylinder NFPA Industrial Type. Bethelhem,USA: Bosch Rexroth Corporation.

Yama Giri, Yoga, 2015. Perancangan Sistem hidrolik Blank Holder pada Proses Deep Drawing untuk Pembuatan Cup Selongsong peluru kaliber 20 mm. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Derio Hizkia Purba, Rosidi Rosidi, Indriyani Rebet