Rekayasa Water Filter Sheet Dari Cellulose Scoby (Symbiotic culture of bacteria and yeast)Dengan Media Teh Kombucha


Andre Syahputra Situngkir, Gun Gun Ramdlan Gunadi, Lentang Sibarani

Abstract


Rekayasa Pembuatan water filter sheet dengan menggunakan cellulose ini adalah percobaan eksperimen untuk memperlebar area aplikasi cellulose sehingga dapat memberikan tambahan opsi dalam pembuatan dan pemilihan bahan material water filter. Dengan pertimbangan bahan yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan.
Cellulose adalah salah satu polimer yang paling banyak digunakan dalam dunia,cellulose sendiri merupakan lapisan karbonhidrat pada tanaman yang terikat dengan lignin dalam bentuk lignoselulosa. selulosa yang berikatan dengan lignin harus dipisahkan karena dapat menghambat perkembangan turunan aplikasi selulosa. Untuk melepaskan ikatan lignin dari selulosa dibutuhkan metode yang rumit dan membutuhkan biaya yang tinggi. Namun seiring perkembangan teknologi khususnya bidang biosains,selulosa dapat di ekstraksi dengan metode tertentu, salah satunya menggunakan mikroorganisme seperti simbiosis bakteri dan ragi atau yang lebih dikenal scoby. Dilaporkan proses sintesis selulose memiliki sifat yang lebih murni dari selulosa tanaman. Selulosa yang diperoleh dengan metode ekstraksi dinilai ramah lingkungan dengan biaya yang lebih ekonomis,seperti sintesis selulosa dari limbah jerami padi,limbah batang ubi kayu, serbuk meranti kuning dan limbah pengolahan agar. Pada metode penelitian ini menggunakan media fermentasi teh kombucha yang nantinya menghasilkan cellulose untuk diaplikasikan pada water filter sheet.

Keywords


Cellulose,Scoby,Kombucha,Water Filter Sheet

Full Text:

PDF

References


P. Kumar Gupta et al., “An Update on Overview of Cellulose, Its Structure and Applications,” Cellulose, pp. 1–21, 2019, doi: 10.5772/intechopen.84727.

S. S. Wang et al., “Physicochemical characterization of high-quality bacterial cellulose produced by Komagataeibacter sp. strain W1 and identification of the associated genes in bacterial cellulose production,” RSC Adv., vol. 7, no. 71, pp. 45145–45155, 2017, doi: 10.1039/c7ra08391b.

H. I. Sholikhah, G. N. Arib, and A. F. Rahmawati, “Narrative review : Potensi Pemanfaatan Selulosa Limbah Jerami Padi sebagai Bioplastik Ramah Lingkungan,” pp. 155–158, 2014.

L. Lismeri, P. M. Zari, T. Novarani, and Y. Darni, “Sintesis Selulosa Asetat dari Limbah Batang Ubi Kayu,” J. Rekayasa Kim. Lingkung., vol. 11, no. 2, p. 82, 2016, doi: 10.23955/rkl.v11i2.5407.

G. U. N. Tajalla, S. Humaira, A. W. Y. P. Parmita, and A. Zulfikar, “Pembuatan dan Karakterisasi Selulosa dari Limbah Serbuk Meranti Kuning (Shorea macrobalanos),” J. Sains Terap., vol. 5, no. 1, pp. 142–147, 2019.

M. D. Lestari, J. Kimia, F. Matematika, P. Alam, and U. N. Semarang, “Ekstraksi Selulosa dari Limbah Pengolahan Agar Menggunakan Larutan NaOH sebagai Prekursor Bioetanol,” Indones. J. Chem. Sci., vol. 7, no. 3, pp. 236–241, 2018.

P. Health, “Journal of Global Research in Public Health 90,” vol. 2, no. 2, pp. 90–96, 2017.

E. K. Jacobsen, “Water filtration - JCE Classroom Activity: #60,” J. Chem. Educ., vol. 81, no. 2, pp. 224A-224B, 2004.

A. Maksum, “Pembuatan Material Komposit Tahan Balistik Berbasis Polimer dengan Nanosilika Sekam Sebagai Filler dan Sellulosa Kombucha Sebagai Fiber yang Ramah Lingkungan.” 2021.

G. Tea and C. Sinensis, “Production of Microbial Cellulose Films from.”

R. R. K. P, “RANCANG BANGUN ALAT “ WATER SHAKIG BATH “ MENGGUNAKAN 3D- PRINTING UNTUK MENINGKATKAN LAJU KELARUTAN PADA PROSES PEMURNIAN SCOBY KOMBUCHA,” Ranc. BANGUN ALAT WATER SHAKING BATH MENGGUNAKAN 3D Print. UNTUK Meningkat. LAJU KELARUTAN PADA PROSES PEMURNIAN SCOBY KOMBUCHA, pp. 2–7, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andre Syahputra Situngkir