Konsep Desain Rancang Simulasi Mesin Pemotong Kentang


Muhammad Iqbal, Dimas Hibatullah, Nugroho Eko, Hamdi Hamdi

Abstract


Kentang merupakan salah satu jenis tanaman holtikultura yang dikonsumsi umbinya. Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinngi, disamping itu kentang juga merupakan tanaman pangan bernilai ekonomi tinggi, kentang juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti makanan cepat saji, salah satunya yaitu stick kentang. Saat ini usaha penjualan stick kentang tidak hanya dijual pada rumah makan cepat saji saja, tetapi sudah merambah pada industri kecil menengah dan pedagang kaki lima. Kemudahan penyajian kentang goreng ternyata tidak semudah menyiapkannya, karena harus dimulai dengan proses memotong kentang menjadi potongan berbentuk stick, pekerjaan ini biasanya dilakukan secara manual menggunakan pisau. Pemotongan dengan cara ini sangat tidak efektif dan efisien jika jumlah produksi yang dibutuhkan besar, memakan waktu yang cukup lama dan tenaga yang besar, dan bisa menyebabkan terlukanya tangan akibat terkena pisau. Mengacu pada tidak efektif dan efesiennya pemotongan kentang yang ditemukan dari hasil observasi dan evaluasi dilapangan, maka dilakukan desain dan perancangan untuk menghasilkan mesin pemotong kentang yang mempermudah proses pemotongan kentang. Desain dan perancangan mesin yang dibuat adalah mesin pemotong kentang dengan menggunakan sumber tenaga motor listrik dengan mekanisme kerja menggunakan poros engkol yang dihubungkan pada pendorong untuk mendorong kentang melewati pisau pemotong dan menghasilkan output berupa stick kentang

Keywords


Stick Kentang; Mesin Pemotong Kentang; Desain

Full Text:

PDF

References


Hawari, H., & Wibowo, L. A. (2020). Perancangan Mesin Pemotong Kentang Bentuk Stik. SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan), 2(0), 181–188. https://semnastera.polteksmi.ac.id/index.php/semnastera/article/view/118

Khurmi, R. S., & Gupta, J. K. (2005). A Textbook of Machine Design. In Eurasia Publishing House. Eurasia Publishing House.

Pribadi, A. S., & Chamiddin, R. B. (2015). Rancang Bangun Mesin Pengaduk Adonan Donat. Instittut Teknologi Sepiluh November.

Prof. Dr. Drs. Agus Edy Pramono, S.T., M. S. (2019). Buku Ajar Elemen Mesin I. In Politeknik Negeri Jakarta.

Ridho Iswahyudi. (2018). PERANCANGAN TRANSMISI DAYA PADA MESIN PENCACAH TONGKOL JAGUNG KAPASITAS 100 KG/JAM DENGAN SISTEM PULI DAN V-BELT. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

Sularso dan Kiyokatsu Suga. (2008). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. In PT. Pradnya Paramita. Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Iqbal, Dimas Hibatullah, Nugroho Eko, Hamdi Hamdi