Analisa Perhitungan Rancang Simulasi Mesin Pemotong Kentang


Dimas Hibatullah, Muhammad Iqbal, Nugroho Eko, Hamdi Hamdi

Abstract


Tingginya kandungan karbohidrat menyebabkan kentang dikenal sebagai bahan pangan yang dapat mensubtitusi bahan pangan karbohidrat lain yang berasal dari beras, jagung, dan gandum. Hal ini menyebabkan kentang banyak digemari oleh masyarakat di indonesia. Kentang juga merupakan salah satu makanan siap saji di Indonesia saat ini, salah satunya yaitu usaha kentang goreng. Saat ini usaha penjualan kentang goreng sudah merambah pada industri kecil menengah dan pedagang kaki lima. Pengolahan produk kentang goreng ini tidak terlepas dari yang namanya proses pemotongan. Pada rumah makan cepat saji dan pedagang kaki lima, proses pemotongan dilakukan dengan cara manual dan semi manual. Sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama dan juga tenaga yang cukup untuk melakukan pemotongan kentang. Oleh karena itu, perlu dirancang suatu mesin pemotong kentang yang memudahkan penjual kentang goreng untuk memotong kentang. Pada proses perancangan mesin pemotong kentang ini diperlukan beberapa perhitungan, diantaranya yaitu gaya dan torsi pemotongan kentang, kebutuhan daya motor, perencanaan sabuk-V dan puli, rasio gearbox, kapasitas mesin serta kekuatan dan ukuran baut. Mesin pemotong kentang ini memiliki kapasitas 3,56 kg/menit.

Keywords


Kentang; Mesin Pemotong Kentang; Kentang Goreng

Full Text:

PDF

References


Hawari, H., & Wibowo, L. A. (2020). Perancangan Mesin Pemotong Kentang Bentuk Stik. SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan), 2(0), 181–188. https://semnastera.polteksmi.ac.id/index.php/semnastera/article/view/118

Khurmi, R. S., & Gupta, J. K. (2005). A Textbook of Machine Design. In Eurasia Publishing House. Eurasia Publishing House.

Pribadi, A. S., & Chamiddin, R. B. (2015). Rancang Bangun Mesin Pengaduk Adonan Donat. Instittut Teknologi Sepiluh November.

Prof. Dr. Drs. Agus Edy Pramono, S.T., M. S. (2019). Buku Ajar Elemen Mesin I. In Politeknik Negeri Jakarta.

Ridho Iswahyudi. (2018). PERANCANGAN TRANSMISI DAYA PADA MESIN PENCACAH TONGKOL JAGUNG KAPASITAS 100 KG/JAM DENGAN SISTEM PULI DAN V-BELT. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

Sularso dan Kiyokatsu Suga. (2008). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. In PT. Pradnya Paramita. Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dimas Hibatullah, Muhammad Iqbal, Nugroho Eko, Hamdi Hamdi