Perhitungan Sambungan Las Pada Konstruksi Mounting Senjata FN-240 Pada Sepeda Motor ZID BARHAN di PT X


Muhammad Ivan Dirhamsyah, Haolia Rahman, Azwardi Azwardi

Abstract


Mounting adalah istilah umum untuk sebuah struktur atau komponen apapun yang berguna untuk mendukung senjata sat berada tetap di suatu tempat. Mounting senjata ditopang oleh pipa besi penyangga yang disambungkan dengan chasis depan sepeda motor. Mounting disambungkan dengan pipa besi penyangga dengan sambungan las SMAW, begitupun pipa besi penyangga yang juga disambungkan dengan chasis depan motor menggunakan sambungan las SMAW. Gaya atau pembebanan yang disebabkan oleh gaya recoil dan berat senjata mengakibatkan sambungan las mengalami gaya geser dan gaya bengkok. Oleh karena itu, dibuatlah analisis tentang perhitungan kekuatan sambungan las pada masing masing-masing titik pengelasan pada komponen. Tujuan analisis dari masing-masing sambungan las adalah untuk mengetahui kekuatan pada sambungan las dan memastikan sambungan las bisa menopang gaya atau berat saat senjata digunakan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan tegangan yang paling besar dari semua komponen adalah 404,977 [N/mm2]. Maka elektroda E6013 dengan kekuatan tarik maksimum 413,6854[N] aman untuk digunakan pada penyambungan komponen mounting senjata.

Keywords


SMAW ; elektroda ; sambungan las ; kekuatan tarik maksimum

Full Text:

PDF

References


Banjarnahor, F. (2019). STUDI PENGELASAN TIG (TUNGSTEN INERT GAS) TERHADAP KEKUATAN SAMBUNGAN DAN SIFAT MEKANIK PADA BAJA AISI 1045. Medan.

Fahrudin, A. (2018). PERENCANAAN SAMBUNGAN LAS PADA KONSTRUKSI RANGKA MESIN DISC MILL TINJA KAMBING MANUAL SEBAGAI BAHAN PUPUK ORGANIK. Spark: Jurnal Mahasiswa Teknik Mesin ITN Malang Vol. 01, No. 01, Tahun 2018, hal. 7-12, 7-12.

Lailah, I. (2017). ANALISIS PERBANDINGAN PROSES PENGELASAN SAW DAN FCAW PADA MATERIAL ASTM A 36 TERHADAP UJI TARIK. Surabaya.

R.S. Khurmi, J. G. (2005). A Text Book Of Machine design. New Delhi: Eurasia Publishing House.

RIYAN, F. (2017). PENGARUH JENIS ELEKTRODA DAN ARUS PENGELASAN TERHADAP KEKUATAN TARIK PADA PENGELASAN BAJA ST 41 MENGGUNAKAN LAS SMAW. KEDIRI: UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

Saputra, T. J. (2014). ELEKTRODA UNTUK PENGELASAN BAJA LUNAK, 31-40.

Sudargo, P. H. (2015). PENGARUH FILLER DAN ARUS LISTRIK TERHADAP SIFAT FISIK-MEKANIK SAMBUNGAN LAS GMAW LOGAM TAK SEJENIS ANTARA BAJA KARBON DAN J4. SNATIF Ke -2 (p. 155). Surakarta: Akademi Teknologi Warga Surakarta.

Sugestian, M. R. (2019). ANALISA KEKUATAN SAMBUNGAN LAS SMAW VERTICAL HORIZONTAL DOWN HAND PADA PLATE BAJA JIS 3131SPHC DAN STAINLESS STEEL 201 DENGAN APLIKASI PILES TRANSFER DI MESIN THERMOFORMING ( STACKING UNIT). MALANG: INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

Wahyuningsih, T. (2021). ANALISIS PROSES PENGELASAN PADA MATERIAL PIPA GALVANIS DENGAN TYPE PENGELASAN SHIELDED METAL ARC WELDING (SMAW)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Ivan Dirhamsyah, Haolia Rahman, Azwardi Azwardi