Proses Pemesinan Drilling Jig Dengan Adjustable V-Block Untuk Pengeboran Tangkai Drill Chuck


Dendy Arista, Hamdi Hamdi, Darius Yuhas

Abstract


Proses pemesinan bor membutuhkan tangkai drill chuck sebagai penghubung drill chuck dengan spindel mesin bor. Ketersediaan tangkai drill chuck khususnya untuk mesin bor koordinat ACIERA 22 STA milik Bengkel Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta sangat sedikit. Sulitnya mendapatkan tangkai drill chuck dipasaran seharusnya dapat diatasi dengan membuat tangkai drill chuck sendiri. Namun, sulit membuat tangkai drill chuck terutama pada pengeboran delapan lubang dengan kondisi tangkai yang tirus. Dibutuhkan alat bantu khusus untuk meletakkan tangkai drill chuck pada posisi sejajar dengan sumbu horizontal. Alat bantu yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah drilling jig dengan adjustable v-block untuk mengatur ketirusan tangkai. Dalam membuat alat bantu diperlukan metode yang tepat, maka untuk membuat alat ini ada dua hal penting yaitu perancangan desain dan proses pemesinan. Rancang bangun drilling jig ini bertujuan untuk memudahkan penempatan benda kerja dalam melakukan pengeboran delapan lubang pada badan tangkai drill chuck mesin bor koordinat ACIERA 22 STA.

Keywords


drilling jig; adjustable v-block; drill chuck; ACIERA 22 STA

Full Text:

PDF

References


Hoffman, Edward G. 2004. Jig and Fixture Fifth Edition. USA: Delmar Learning.

Sumpena, Ade. 2011. Teknik Kerja Mesin Perkakas. Depok: Politeknik Negeri Jakarta.

…… 2013. Teknik Pemesinan Bubut 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widarto. 2008. Teknik Pemesinan Jilid I. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nurianto, Eko. 2016. Rancang Bangun Alat Bantu Pengeboran Benda Melingkar. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dendy Arista, Hamdi Hamdi, Darius Yuhas