Perancangan Carlift Bertingkat Kapasitas 3 Ton


Abdurahman Harits, Mochammad Sholeh, Grenny Sudarmawan

Abstract


Carlift adalah alat yang digunakan untuk mengangkat mobil. Umumnya digunakan sebagai alat untuk mencuci dan merawat bagian bawah kendaraan. Dengan konsep tersebut perancangan carlift bertingkat kapasitas 3 ton ini bertujuan untuk memaksimalkan ruang lahan pemukiman di daerah perkotaan yang padat, dimana tiap tahunnya ruang terbuka di perkotaan terus berkurang seiring dengan pertumbuhan penduduk, dengan carlift bertingkat ini diharapkan dapat meningkatkat efisiensi lahan parkir dengan memodifikasinya, atau menghubah lahan parkir menjadi area parkir basement. Selain itu, carlift ini juga dapat digunakan untuk perawatan kendaraan khususnya pada chassis. Carlift bertingkat ini terdiri dari rangka platform, penyangga platform, double acting silinder hidrolik, pompa, dan motor. Proses perancangan alat dimulai dengan mengidentifikasi masalah sampai dengan pembuatan gambar rancangan dan spesifikasi rancangan. Hasil perhitungan didapatkan ukuran untuk profil rangka platform adalah 150 x 150 mm dengan tipe profile rangka wide flange, ukuran profile penyangga 150 x 75 mm dengan profile rangka wide flange, tebal lasan 5 mm, untuk silinder hidrolik didapatkan perhitungan diameter rod 43 mm, diameter piston 63 mm, panjang lengan 2.000 mm, dan untuk mensuplai 4 buah double acting silinder hidrolik dibutuhkan daya sebesar 9,0238 HP.

Keywords


Parkir; Carlift; Perancangan; Hidrolik; Rangka

Full Text:

PDF

References


Khurmi, G. (2005). A TEXTBOOK OF MACHINE DESIGN. New Delhi: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD.

Andrew Parr, (2003). HIDROLIKA DAN PNUEMATIKA : PEDOMAN BAGI TEKNISI DAN INSINYYUR, EDISI KE- 2.

Alfira Silakrukmi, (2017). TEKNOLOGI BAHAN. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jambi.

Sunarto, (2008). DIKTAT PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MAHASISWA POLITEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN KEKHUSUSSAN PERANCANGAN POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

Sularso, Kysokatsu Suga G. (2002). Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin, PT.Prandnya Paramita, Jakarta.

Andrei Lozzi, (2006). ANALYSIS OF PLANAR WEIDS. School of Aerospace, Mechanical and Mechatronic Engineering University of Sydney

Davis, J. (1996). ASM Specialty Handbook - Carbon and Alloy Steels. Metals Park: ASM International.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdurahman Harits