Analisa Pengoperasian Turbin Propeller Dengan Dual Turbin (Banki dan Sentrifugal) pada PLTMH


Muhammad Arif Rohman, Budi Santoso, Tatun Hayatun Nufus

Abstract


Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro merupakan pembangkit listrik skala mikro yang menggunakan media air sebagai penggeraknya. Pada penelitian sebelumnya dilakukan pengoptimalan 1 pompa untuk sistem dual turbin , dan pengambilan data untuk mengetahui debit air pompa sentrifugal yang digunakan sebagai sumber head air dalam sistem PLTMH. Dari kedua penelitian tersebut masih terdapat kelemahan dari PLTMH yang tidak menghasilkan daya optimal, meskipun head dan debit air PLTMH sangat besar. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan pengoptimalan pada prototipe PLTMH dengan menambahkan turbin banki untuk memaksimalkan pengkonversian daya hidrolik yang dihasilkan pompa, sehingga menjadi sistem triple turbin. Pengambilan data dilakukan dengan memvariasikan debit melalui bukaan katub air sebesar dua pertiga, dan full sehingga mendapatkan nilai daya, , arus, rpm dari model prototipe PLTMH. Daya rata rata yang di dapat dari analisa pengoperasian sistem triple turbin pada prototipe PLTMH adalah sebesar 2.000watt pada bukaan terbesar, dan sebesar 1.239watt pada bukaan terkecil, sehingga didapatkan peningkatan effisiensi PLTMH optimal sebesar 5,67%. Dari pengoperasian model prototipe PLTMH didapatkan daya rata rata yang dihasilkan oleh sistem triple turbin pada bukaan dua pertiga adalah 1.239watt, bukaan penuh adalah 2000watt. Kemudian didapatkan effisiensi sistem triple turbin sebesar 3,54% pada bukaan terkecil, dan sebesar 5,67% pada bukaan terbesar.

Keywords


Kata Kunci :, Triple Turbin, PLTMH, Effisiensi

Full Text:

PDF

References


J. McKinney and P. C. C. Warnick. (1983). Microhydropower Handbook Volume 1.

A. A. Musyafa and I. H. Siregar. (2015).“EFISIENSI POMPA SENTRIFUGAL Achmad Aliyin Musyafa Indra Herlamba Siregar Abstrak” Jtm, vol. 03, pp. 136–144.

Mustakim. (2015). Pengaruh Kecepatan Sudut Terhadap Efisiensi Pompa Sentrifugal Jenis Tunggal. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Metro.

Suwignyo, Masudin, I., Mokhtar, A., & Nissa, K. (2018). Desain dan Pembuatan Turbin Propeller. Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA).

Denny, S. P. (2009). Pengaruh Generator Listrik dalam Kehidupan Sehari- hari. Jurnal Softskill Mata Kuliah Teknik Listrik.

Mahalla, Suharyanto, & S., M. B. (2013). Evaluasi Kinerja IMAG Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Cokro Tulung Kabupaten Klaten. Jurnal Media ELektrik.

Harvi, & Ikrar H. (2017). Potensi PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur. Jurnal Reka Buana.

Syahrudin,Diky. (2013). Modifikasi Alternator Sepeda Motor menjadi Generator 220 Volt pada Frekuensi 50 Hz. JBPTPPOLBAN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Arif Rohman