Perancangan Silinder Pneumatik Prototype Mesin Pemutar Box untuk Pemindahan Skrap Menggunakan Sistem Dump Truck dengan Kemiringan Sudut 90°


Fadel Ahmad, Nugroho Eko, Isnanda Nuriskasari

Abstract


Prototype mesin pemutar box adalah alat uji coba dengan skala yang lebih kecil dari mesin yang digunakan untuk memindahkan skrap atau sisa proses stamping dari tempat penampungan (box) ke bak truk dengan mengadaptasi sistem dump truck. Prototype ini menggunakan sistem pneumatik, dimana sistem ini harus dapat memutarkan box hingga kemiringan sudut 90º sesuai dengan permintaan industri. Agar dapat mengetahui keberhasilan dalam perancangan silinder pneumatik prototype mesin pemutar box, maka perlu dilakukan perhitungan gaya yang terjadi pada silinder pneumatik. Pada hasil perancangan dan perhitungan yang kemudian disesuaikan berdasarkan spesifikasi yang tersedia di pasar, dengan menggunakan kompressor bertekanan 6 bar, didapatkan bahwa silinder pneumatik yang digunakan adalah silinder double acting dengan merk SMC bertipe CM2 yang memiliki panjang langkah kerja sebesar 125 mm,dan diameter piston sebesar 20 mm.

Keywords


Prototype Mesin Pemutar box; Silinder Pneumatik; Perancangan; Perhitungan Gaya

Full Text:

PDF

References


Bueche, F. R., & Hecht, E. (2006). Schaum's Outline Fisika Universitas Edisi kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Maryono. (2018). Perancangan Prototype Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang . Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 1099-1110.

Rifnaldi, R., & Mulianti. (2019). PENGARUH PERLAKUKAN PANAS HARDENING DAN TEMPERING TERHADAP KEKERASAN (HARDNESS) BAJA AISI 1045. Ranah Reasearch, 950-959.

Sardjono, K., & Yuliana, C. A. (2012). PERENCANAAN SISTEM PNEUMATIK PADA MESIN MARKING UNTUK BAHAN BRASS(C3602) DENGAN KEKUATAN GESER 1000N. SINTEK VOL 6 NO 1, 35-45.

Satria, D. (2013). Diktat Kuliah Hidrolik & Pneumatik. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Setiawan, A. (2008). Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD. Semarang: Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadel Ahmad, Nugroho Eko, Isnanda Nuriskasari