Pemanfaatan Variasi Flywheel Guna Meningkatkan Daya pada Turbin Sentrifugal pada PLTMH


Fadhil Ramadhan Widoyoko, Budi Santoso, Tatun Hayatun Nufus

Abstract


Beberapa pembangkit skala kecil diteliti untuk menyediakan listrik ke daerah terpencil. Pengetahuan mengenai pembangkit listrik tenaga air tersebut dibutuhkan agar mengoperasikan dan mengembangkan pembangkit tersebut ke skala mikro atau yang disebut dengan pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian pembuatan prototipe model pembangkit listrik tenaga mikro hidro dalam skala laboratorium menggunakan turbin sentrifugal dengan variasi flywheel sebagai media pembelajaran untuk mengetahui ukuran flywheel yang paling optimal dan mendapatkan putaran stabil. PLTMH dibuat dengan menggunakan resevoir berupa bak untuk menampung air sebelum disalurkan kembali ke turbin sehingga membentuk siklus tertutup, kemudian pompa sentrifugal sebagai sumber head air yang akan menggerakan turbin. Pada instalasi pemipaan dipasangkan katup untuk mengatur debit air ke turbin, dan pressure gauge untuk melihat besarnya tekanan pada suction pompa, dan inlet turbin. Data penelitian ini diambil dengan memvariasikan debit air inlet turbin melalui bukaan katup sebesar 1/3, 2/3, dan bukaan penuh. Data yang diambil berupa torsi pada turbin sentrifugal berdasarkan ukuran flywheel. Hasil Analisa dari kinerja PLTMH ini memiliki torsi maksimal pada tiap katup bukaan penuh, yaitu pada flywheel diameter 10cm adalah 2,4Nm, flywheel diameter 20cm adalah 3,9Nm, flywheel diameter 22cm adalah 4,3Nm, flywheel diameter 25cm adalah 6,1Nm, flywheel diameter 30cm adalah 6,6Nm.

Keywords


Turbin Sentrifugal, PLTMH, Torsi, Katup

Full Text:

PDF

References


J. McKinney and P. C. C. Warnick. (1983). Microhydropower Handbook Volume 1.

A. A. Musyafa and I. H. Siregar. (2015).“EFISIENSI POMPA SENTRIFUGAL Achmad Aliyin Musyafa Indra Herlamba Siregar Abstrak” Jtm, vol. 03, pp. 136–144.

Mustakim. (2015). Pengaruh Kecepatan Sudut Terhadap Efisiensi Pompa Sentrifugal Jenis Tunggal. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Metro.

Suwignyo, Masudin, I., Mokhtar, A., & Nissa, K. (2018). Desain dan Pembuatan Turbin Propeller. Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA).

Denny, S. P. (2009). Pengaruh Generator Listrik dalam Kehidupan Sehari- hari. Jurnal Softskill Mata Kuliah Teknik Listrik.

Mahalla, Suharyanto, & S., M. B. (2013). Evaluasi Kinerja IMAG Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Cokro Tulung Kabupaten Klaten. Jurnal Media ELektrik.

Harvi, & Ikrar H. (2017). Potensi PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur. Jurnal Reka Buana.

Syahrudin,Diky. (2013). Modifikasi Alternator Sepeda Motor menjadi Generator 220 Volt pada Frekuensi 50 Hz. JBPTPPOLBAN.

Marinus, Stepanus, Ayong Hiendro, and Yandri. 2019. “Studi Aplikatif Roda Gila (Flywheel) Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (Pltmh).” Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadhil Ramadhan Widoyoko, Fadhil Ramadhan Widoyoko