Menentukan Masa Pakai Dan Waktu Pergantian V-Belt Motor Burner Pada Mesin Powder Coating PT. XYZ


Firmansyah -, Asep Apriana, Fajar Mulyana

Abstract


Peningkatan yang terjadi pada industri pembuatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) membuat mesin-mesin harus beroperasi dalam waktu yang lama, salah satunya adalah mesin powder coating. Mesin powder coating adalah mesin yang digunakan untuk proses pengecatan pada tabung APAR. Mesin ini memiliki berbagai komponen pendukung seperti v-belt yang digunakan untuk mentransmisi daya dari motor listrik ke impeller pada ruang burner. Meskipun v-belt ini terbilang cukup murah, tetapi v-belt ini memiliki masa pakai yang perlu diperhatikan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menentukan masa pakai dan jadwal pergantian dari v-belt yang bekerja untuk impeller pada ruang burner berdasarkan pembebanan yang ditanggung dan daya yang ditransmisikan oleh v-belt ini. Dengan menggunakan motor listrik berdaya 7,5 HP yang terhubung pada pulley berdiameter 130 mm, v-belt ini mentransmisikan daya kepada pulley berdiameter 230 mm yang terhubung dengan impeller. Setelah melakukan pengolahan data dan perhitungan, tipe v-belt yang cocok untuk digunakan adalah tipe B dengan lebar 17 mm dan tebal 11 mm serta masa pakai yang dapat dicapai oleh v-belt tipe ini adalah 9.015 jam. Dengan diketahuinya masa pakai v-belt tipe ini, maka waktu pergantiannya pun sudah dapat ditentukan.

Keywords


v-belt; masa pakai; waktu pergantian; mesin powder coating

Full Text:

PDF

References


Hadi, S. (2019). PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN INDUSTRI. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Adiwidodo, S. (2016). PENGARUH ANGULAR DAN PARALLEL MISALIGNMENT TERHADAP KONSUMSI ENERGI PADA MOTOR LISTRIK. Prosiding SENTIA 2016-Politeknik Negeri Malang Volume 8. Malang: Politeknik Negeri Malang.

https://indonesian.alibaba.com/product-detail/powder-coating-ovens-with-overhead-conveyor-103364542.html. Diakses pada tanggal 10 Juni 2021 Pukul 15.03 WIB

Bagia, I., & Parsa, I. (2018). MOTOR - MOTOR LISTRIK. Kupang: CV. Rasi Terbit.

Pratama, D. A. (2019, Desember 27). Sejarah Penggerak Kendaraan Listrik, Ternyata Dulu Mirip Pompa Air! Diambil kembali dari GRIDOTO.COM: https://www.gridoto.com/read/221967758/sejarah-penggerak-kendaraan-listrik-ternyata-dulu-mirip-pompa-air

Rianta, M. G. (2020, Januari 28). Mekanisme Pembangkitan Listrik Pada Generator. Diambil kembali dari indonesiare.co.id: https://www.indonesiare.co.id/id/article/mekanisme-pembangkitan-listrik-pada-generator

Khurmi, R. S., & Gupta, J. K. (2005). A TEXTBOOK OF MACHINE DESIGN. Ram Nagar: Eurasia Publishing House (PVT.) LTD.

Sularso. (2008). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Dobrovolsky, V. (1985). Machine Elements Second Edition. Moscow: Peace Publisher.

Setiawan, Imam. (2019). Perancangan Mesin Pencacah Pelepah Sawit Portable Untuk Bahan Baku Pakan Ternak. Riau: Universitas Islam Riau.

Effendi, Yafid. (2017). Rancang Bangun Mesin Perajang Singkong Industri Rumahan Berdaya Rendah. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Rosadi, Mohammad Munib. (2019). Perancangan Sistem Penggerak Trainer Transmisi Manual 5 Percepatan Toyota Kijang. Jombang: Universitas Hasyim Asy’ari.

Sutikno. (2019). Perhitungan Perencanaan Mesin Pengaduk Middle Waste Asbes Kapasitas 2500 Liter. Gempol: Sekolah Tinggi Teknologi Gempol.

Wiranata, Tri Ego. (2021). Rancang Bangun Mesin Pulper Kopi Menggunakan Penggerak Motor Listrik. Padang: Politeknik Negeri Padang.

Omorodion, Ikponmwonsa. (2020). Effect Of Under Belting A Multiple V-Belt Drive. Nigeria: Sciengtex.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Firmansyah -, Asep Apriana, Fajar Mulyana