Analisis Perbandingan Kualitas Air Sebelum dan Sesudah Dilakukan Proses Penjernihan Air Dengan Metode Solar Thermal


Fadza Naufal Priana, Agung Aji Prasetyo, Safiena Salva Al Rayyan, Grace Hanna Cristimay Purba, Jusafwar Jusafwar

Abstract


Penjernihan air sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari agar air terbebas dari mikroorganisme, patogen, dll. sehingga aman untuk dikonsumsi. Penjernihan air dapat dilakukan dengan menggunakan sumber energi terbarukan, salah satunya adalah matahari. Maka dibuatlah penjernih air berbasis solar thermal yang menggunakan evaporator dan bak penguapan untuk menghasilkan air bersih. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran kualitas air sebelum dan sesudah proses penjernihan dengan parameter TDS, Suhu, dan Ph. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengujian dan analisa terhadap parameter fisik, kimia, dan bilogi sangat penting untuk mendapatkan hasil air minum yang memenuhi standar

Keywords


"Penjernihan air", "solar thermal", "kualitas air bersih"

Full Text:

PDF

References


Nurwahyuni, Isnaini., Sinaga, Riyanto., Pratama, Rizky Yudha., Fathurrahman. (2020). PENERAPAPAN TEKNOLOGI PENJERNIHAN AIR DENGAN BANTUAN TENAGA SURYA DAN ANTIMIKROBA KEPADA MASYARAKAT DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG. Serdang.

Sri, Ernawati., Lilo, Taufiq., Nugroho, Ida., (2013). PENINGKATAN KUALITAS AIR BERSIH DENGAN ALAT PENJERNIH AIR. Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadza Naufal Priana