Karakteristik Dampak Penggantian Bahan Bakar B20 Terhadap Kerusakan Komponen Diesel Engine 1677 Kw di PT XYZ


Sheila Asyifa, Dianta Mustofa Kamal, Budi Santoso

Abstract


Mesin diesel merupakan komponen utama pada sistem lokomotif yang digunakan sebagai penggerak generator untuk membangkitkan listrik. Terdapat penggantian jenis bahan bakar yang digunakan pada mesin diesel lokomotif PT XYZ dari bahan bakar HSD menjadi biodiesel B20 yang berpengaruh terhadap beberapa komponen mesin diesel. Oleh karena itu diperlukan penanganan khusus untuk memperbaiki kinerja komponen dengan cara melakukan startegi pemeliharaan yang tepat.
Metode yang digunakan dalam penentuan pemeliharaan menggunakan metode RCM untuk memperoleh pemeliharaan dan interval waktu pemeliharaan yang sesuai pada suatu komponen dan metode FMEA untuk menganalisis penyebab kegagalan dan penentuan komponen kritis.
Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai RPN tertinggi yaitu komponen fuel filter sebesar 115,3. Lalu diperoleh interval waktu pemeliharaan untuk penggunaan bahan bakar B20 pada komponen fuel filter kotor memiliki interval waktu 2300 jam, cylinder retak memiliki interval waktu 3678,43 jam, fuel pump terganggu memiliki interval waktu 678,42 jam, rembesan cylinder head memiliki interval waktu 3941 jam, paking exhaust rusak memiliki interval waktu 1839,35 jam, dan nozzle injector dengan pembakaran tidak sempurna memiliki interval waktu 2299,6 jam.

Keywords


RCM;FMEA;kegagalan;interval pemeliharaan;mesin diesel

Full Text:

PDF

References


D. Fitria, “Sistem Transmisi Elektrik Pada Lokomotif CC201 di Lubuk Linggau,” 2015.

J. Moubray, Reliability Centered Maintenance, Second Edition, 1992.

R. Ilmal, J. Preston, Y. Endri dan M. Lazuardi, “Pendekatan FMEA dalam Analisis Risiko Perawatan Sistem Bahan Bakar Mesin Induk: Studi Kasus di KM. Sidomulyo,” 2020.

. M. A. Zainul, “Penentuan Interval Waktu Preventive Maintenance Pada Nail Making Machine Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm) Ii (Studi Kasus Pt. Surabaya Wire),” 2018.

A. Y. Regina, “PERANCANGAN SISTEM PERAWATAN MESIN PADA CFSMI KEMASAN YOGYAKARTA,” 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sheila Asyifa, Dianta Mustofa Kamal, Budi Santoso