Perhitungan Nilai Overall Equipment Effectiveness pada Mesin Packaging di Perusahaan Fast-moving Consumer Goods


Ikhsan Nurfauzi, Dianta Mustofa Kamal, Pribadi Mumpuni Adhi

Abstract


Pada perusahaan yang bergerak di kategori Fast-moving Consumer Goods (FMCG) di Indonesia, terjadi permasalahan pada mesin packaging yang disebut Big Nose 2. Mesin ini sering terhenti yang menyebabkan proses produksi terhambat sehingga menyebabkan hasil produksi yang tidak sesuai dengan target. Maka dari itu evaluasi kinerja mesin sangat dibutuhkan untuk peningkatakan produksi perusahaan salah satunya dengan mengetahui nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE). Tujuan penelitaan ini untuk mengetahui nilai OEE dari mesin packaging Big Nose 2 dan membandingkannya dengan standar yang telah ditentukan oleh World Class JIPM. Selanjutnya Six Big Losses diidentifikasi dan akar penyebabnya dicari menggunakan metode perbaikan yaitu diagram pareto dan fishbone diagram. Berdasarkan perhitungan yang didapatkan pada periode Januari-Februari, nilai Availability Rate sebesar 63,89, Performance Rate sebesar 74,61%, Quality Rate sebesar 96,31. Secara keseluruhan nilai rata-rata OEE didapatkan sebesar 45,54%. Nilai tersebut masih jauh dibawah standar yang telah ditetapkan yaitu sebesar 85%, sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan untuk meningkatkan nilai efektivitasan mesin Big Nose 2.

Keywords


Big Nose 2; OEE; Six Big Losses; Diagram Pareto; Fishbone Diagram

Full Text:

PDF

References


Wati, C. L. (2009). Usulan Perbaikan Efektivitas Mesin Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Efectiveness Sebagai Dasar Penerapan Total Productive Maintenance Di PT. WIKA. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Program Diploma IV Fakultas Teknik, Universitas Sumatara Utara.

Nakajima, S. (1988). Introduction to TPM: Total Productive Maintenance.Productivity Press Inc.: Cambridge, MA.

Oktaria, S. (2011). Perhitungan dan Analisa Nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Proses Awal Pengolahan Kelapa Sawit (Studi Kasus: PT. X). Teknik Industri, Desember.

Corder, Anthony., (1992)., Teknik Manajemen Pemeliharaan terjemahan K.Hadi. Jakarta: Erlangga.

Saipudin, S. (2019). Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness ( Oee ) Untuk Peningkatkan Nilai Efektivitas Mesin Oven Line 7 Pada PT . UPA. http//:mercubuana.ac.id

Sethia, C. S., Shende, P. N., & Dange, S. S. 2014. Total Productive Maintenance - a Systematic Review. International Journal for Scientific Research & Development (8): 124-127

Heizer, J., & Render, B. (2011). (2011). Operation Management.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ikhsan Nurfauzi, Dianta Mustofa Kamal, Pribadi Mumpuni Adhi