STUDI KASUS PENYEBAB LOW PRESSURE PADA ENGINE BLEED AIR SYSTEM PESAWAT BOEING 737-800


Milenia Sari, Benhur Nainggolan

Abstract


Engine bleed air system merupakan sistem yang memasok udara dengan suhu dan tekanan yang terkontrol dari hasil putaran engine. Engine bleed air system sering mengalami kegagalan pada bleed duct pressure saat beroperasi. Berdasarkan data pilot report, kegagalan yang sering terjadi adalah low pressure atau tekanan udara yang dihasilkan dibawah dari standar yang telah ditentukan, hal ini dapat membahayakan crew maupun penumpang. Dari hasil analisis dengan metode diagram sebab akibat, low pressure dapat diketahui dari indikasi dual duct pressure. Penyebab low pressure yaitu kegagalan high stage valve, berupa kerusakan ring set pada actuator piston. Sehingga mengakibatkan pergerakan butterfly plate tidak lancar dan pressure yang dihasilkan rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan pada high stage valve dan penggantian piston ring set.

Keywords


engine bleed air system ; low pressure ; high stage valve ; ring set

Full Text:

PDF

References


Aircraft Maintenance Manual B737-800 Chapter 36 Pneumatic, Boeing Manufacture, America, (2018)

Fault Isolation Manual B737-800 Chapter Chapter 36 Pneumatic, Boeing Manufacture, (2018)

Honeywell International Inc, Component Maintenance Manual With Illustrated Part List High Stage Valve (2020)

Training Manual Book B737-800 Chapter 36 Pneumatic, GMF Aero Asia, Tangerang, (2014)

Basic Training Manual Book Maintenance Management, GMF Aero Asia, (2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Milenia Sari, Benhur Nainggolan