Root Cause Analyisis Kerusakan Cylinder Liner pada Block Silinder Mesin Generator Set 18 KVA dengan Metode Diagram Fishbone di Divisi Sumber Daya Air PT. Barata Indonesia (Persero)


Devani Vera Lestari, Dianta Mustofa Kamal, Yuli Mafendro Dedet Eka Saputra

Abstract


Cylinder Liner merupakan sebuah elemen pada Block silinder mesin Generator set yang berfungsi sebagai tempat terjadinya pembakaran yang menghasilkan tenaga atau usaha didalm mesin dan tempat berlangsungnya proses kerja mesin seperti seperti langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang. Generator set 18 KVA merupakan peralatan penunjang supply arus listrik pada proyek bendungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan penyebah kerusakan Cylinder Liner pada Block Silinder yang pecah pada mesin Generator Set 18 KVA dengan Fishbone Diagram dan menentukan langkah yang tepat agar kerusakan tidak kembali terjadi. Metode yang digunakan adalah Fishbone Diagram untuk mengetahui akar penyebah kerusakan atau biasa disebut Root Cause Analysis pada mesin tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, serta bahan-bahan silinder mesin Generator set 18 KVA adalah kurangnya sistem Preventive Maintenance pada mesin tersebut yaitu Penggantian pelumas secara berkala dan Penggunaan mesin tidak sesuai kapasitas yang disarankan.

Keywords


Cylinder Liner; Root Cause analysis; Fishbone Diagram; perbaikan; Genset

Full Text:

PDF

References


https://ebook.kawanlama.com

Awaludin (2016). Pemeliharaan Generating set di Hotel Arya Duta Manado. Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Politeknik Negeri Manado.

A.Y Prasetya (2017). Penyebab Pecahnya Cylinder Liner pada Generator Engine di MT. Martha Option Dinamika Bahari Journal Vol. 7 No.2 Maret 2017. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Didit Sumardiyanto & Syahrial Anwar (2017). Pengaruh Keausan Ring Piston terhadap kinerja mesin Vol.2 No.1 April 2017. Jakarta : Universitas 17 Agustus 1945

Budi Saputro. 2017. Analisis Keandalan Generator set sebagai power suplly darurat apabila power supply dari PLN mendadak padam di Mordadi Poultry Shop Blitar jurnal Dua Teknika, (2017), 7 (2):17-25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Devani Vera Lestari, Dianta Mustofa Kamal, Yuli Mafendro