Kecepatan Minimal Turbin Angin Savonius Dua Tingkat Pada Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid ( Surya – Angin)


Fildza Sondia, Agung Fauzi Rahman, Alifian firdaus adji arrazaq, Daniel Elgi Octavianto, Andi Ulfiana, Arifia Ekayuliana

Abstract


Energi fosil terus menipis. Namun, kebutuhan energi terus meningkat setiap waktunya. Sehingga peningkatan penggunaan sumber energi baru terbarukan menjadi pilihan untuk menanggulangi masalah tersebut. Salah satunya Pembangkit listrik Tenaga Hibrid (PLTH) yang merupakan gabungan antara dua buah pembangkit listrik atau lebih, sama halnya dengan rancang bangun kami yaitu menggunakan basis energi angin yaitu PLTB dengan turbin savonius dan basis energi surya yaitu PLTS. Suplai energi yang baik dari PLTH ini sangatlah bergantung kepada cuaca dan kapasitas angin. PLTB sendiri membutuhkan kecepatan angin tertentu untuk menghasilkan tegangan dan arus untuk disimpan di baterai. Berdasarkan data yang di dapat, Kecepatan angin sangat berpengaruh pada Putaran turbin, tegangan dan arus yang dihasilkan. Kecepatan minimal PLTH dengan turbin savonius ini adalah 1m/s, dibawah kecepatan tersebut PLTH tidak akan bekerja secara optimal.

Keywords


PLTH; PLTB; PLTS; energi terbarukan; kecepatan

Full Text:

PDF

References


D. J. Primanda, "Unjuk Kerja Turbin Angin Savonius Enam Tingkat Dengan Variasi Bentuk Sudu," 2013. [Online]. Available: https://repository.usd.ac.id/7691/1/075214021_Full.pdf.

Chairany, Putri and Sugiyanto, "RANCANG BANGUN TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL TIPE SAVONIUS UNTUK SISTEM PENERANGAN PERAHU NELAYAN.," Jurnal Diploma Teknik Mesin UGM, pp. 59-64.

A. Suryadi, A. Solihin and B. Munthe, "Pemanfaatan Turbin Angin Savonius Hybrid Solar Cell Sebagai Pembangkit Listrik Daerah Terpencil," Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro Volume 5, 2020.

D. Hidayanti, G. Dewangga, P. Yoreniko, I. Sarita, F. G. Sumarno and W. Purwati, "Rancang Bangun Pembangkit Hybrid Tenaga Angin Dan Surya Dengan Penggerak Otomatis Pada Panel Surya," EKSERGI Jurnal Teknik Energi Vol 15 No.3, 2019.

Aryanto, Firman " PENGARUH KECEPATAN ANGIN DAN VARIASI JUMLAH SUDU TERHADAP UNJUK KERJA TURBIN ANGIN POROS HORIZONTAL” Media neliti, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fildza Sondia, Agung Fauzi Rahman, Alifian firdaus adji arrazaq, Daniel Elgi Octavianto, Andi Ulfiana, Arifia Ekayuliana