Analisa Perbandingan Daya Keluaran Solar Panel Dengan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid ( Surya – Angin)


Agung Fauzi Rahman, Alifian Firdaus Adji Arrazzaq, Fildza Sondia, Andi Ulfiana, Arifia Ekayuliana

Abstract


Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid merupakan pembangkit listrik yang menggunakan dua sumber energi. Pada pembangkit ini banyak menggunakan energi yang bersumber dari alam, yaitu surya dan angin. Energi ini ramah lingkungan dan dapat diperbarui secara terus-menerus sehingga disebut sebagai energi terbarukan, penelitian yang terkait dengan pembangkit listrik tenaga hybrid belum banyak dilakukan oleh para peneliti dan sebagiannya masih dalam proses pengembangan lebih lanjut, sehingga dengan rancang bangun pembangkit hybrid ini diharapkan dapat meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan mengingat ketersediaan energi ini melimpah dan tidak akan habis. Parameter yang akan diamati meliputi tegangan, arus, daya, intensitas cahaya dan kecepatan angin. Adapun pengujian dilakukan di Cinere, Depok. Hasil pengujian ini adalah perbandingan daya keluaran panel surya dengan pembangkit listrik hybrid surya dan angin. Kesimpulannya nilai daya yang dihasilkan dari gabungan dua pembangkit, yakni surya dan angin dengan nilai tertinggi adalah pada jam 12.20 yang menghasilkan daya sebesar 25,492488 Watt. Hal ini disebabkan karena pembangkit bekerja optimal pada siang hari di mana intensitas cahaya matahari cukup tinggi, sehingga mempengaruhi daya keluaran yang dihasilkan oleh pembangkit hybrid.

Keywords


"Pembangkit listrik Hybrid; Energi Terbarukan;Daya keluaran"

Full Text:

PDF

References


Suharyati, S. H. Pambudi, J. L. Wibowo and N. I. Pratiwi , Outlook Energi Indonesia, Jakarta, 2019.

Rusman, "Pengaruh Variasi Beban Terhadap Effisiensi Solar Cell 50 Wp.," 21 Februari 2021. [Online]. Available: http://repository.umy.ac.id/ ,

A. Purnomo, "Perancangan dan Pembuatan Struktur Mekanik Sistem," Jurnal FEMA, 2014.

Aryanto, Firman, I. M. Mara and M. Nuarsa, "PENGARUH KECEPATAN ANGIN DAN VARIASI JUMLAH SUDU TERHADAP UNJUK KERJA TURBIN ANGIN POROS HORIZONTAL.," Jurnal Dinamika Teknik Mesin, pp. 50-59, 2013.

D. Hidayanti, G. Dewangga, P. Yoreniko, I. Sarita, F. G. Sumarno and W. Purwati, "Rancang Bangun Pembangkit Hybrid Tenaga Angin Dan Surya Dengan Penggerak Otomatis Pada Panel Surya," EKSERGI Jurnal Teknik Energi Vol 15 No.3, 2019.

F.T. Akbar dan B.E. Gunara, The well-posedness of the AdS-sliced domain walls solution for fake N=1 supergravity in d+1 dimensions, THE 5TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES, At Bandung, Indonesia, Volume: AIP Conf. Proc. 1677, 030001 (2015)

M. Syukri, "Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpadu Menggunakan Software PVSYST Pada Komplek Perumahan di Banda Aceh," Jurnal Rekayasa Elektrika, vol. 9, no. 2, pp. 77-80, 2010.

Y. M. S. M. Darno, "Studi Perencanaan Modul Praktikum Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts)," Jurnal Untan, 2017.

D. Hidayanti, G. Dewangga, P. Yoreniko, I. Sarita, F. G. Sumarno and W. Purwati, "Rancang Bangun Pembangkit Hybrid Tenaga Angin Dan Surya Dengan Penggerak Otomatis Pada Panel Surya," EKSERGI Jurnal Teknik Energi Vol 15 No.3, 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agung Fauzi Rahman, Alifian Firdaus Adji Arrazzaq, Fildza Sondia, Andi Ulfiana, Arifia Ekayuliana