ANALISA KEGAGALAN PRECOOLER CONTROL VALVE PADA PESAWAT BOEING 737-800 MILIK PT. GARUDA INDONESIA AIRLINES


Alip Pamuji, P Jannus

Abstract


Engine bleed air adalah aliran udara panas dan bertekanan yang dihasilkan oleh kompresor stage 5th dan stage 9th. Udara bertekanan hasil kompresi dari kompresor memiliki temperature yang sangat tinggi, maka dari itu diperlukan komponen untuk menurunkan temperature bleed air. Ada dua komponen yang berfungsi menurunkan temperature engine bleed air yaitu PRSOV dan bleed air precooler. Bleed air precooler adalah komponen tempat pertukaran panas antara bleed air dengan fan air secara otomatis. Fan air yang masuk ke bleed air precooler akan diatur oleh precooler control valve. Metode yang dilakukan untuk menganalisa kegagalan precooler control valve menggunakan diagram pareto. Data kegagalan dari pilot report tentang precooler control valve dapat terjadi pada schedule dan unscheduled maintenance dari indikator panel di cockpit. Kegagalan precooler control valve mengakibatkan penurunan temperature dan tekanan bleed air system. Kerusakan pada actuator linkage assy yang menyebabkan precooler control valve overplay. Sehingga perlu penggantian seal, penambahan lubrikasi dan lapisan chrome pada pin dan arm.

Keywords


preccoler control valve, actuator linkage

Full Text:

PDF

References


Aircraft Maintenance Manual B737-800 Chapter 36 Pneumatic. (2018). Boeing Co.

Basic Aircraft Maintenance Management Module. (2015). GMF Learning Service.

Basic Aircraft Maintenance Training Manual Module 10.2 Pneumatic. (2018). GMF Learning Service.

Component Maintenance Manual Precooler Control Valve P/N 3289562-1/7. (2020). Honeywell.

Training Manual Boeing 737-800. (2014). Boeing Co.

Jannus, P.,"Studi Kasus Kerusakan Servo Fuel Heater Pada Pesawat Boeing 737-NG",2019. http://prosiding.pnj.ac.id/index.php/sntm/article/view/2138, (3 Agustus 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ALIP PAMUJI, P Jannus