Rancang Bangun Sistem Shock Blower Pada Bin Fly Ash & Botoom Ash (FABA) X92-3B1 Untuk Mengurangi Potensi Deviasi Di 332-WF3


Muhammad Adhib Afdiansyah, Azwardi Azwardi, Arif Suryono

Abstract


Bin merupakan alat yang berfungsi untuk menampung material sementara sebelum ditransportasikan menuju alat penimbangan material (weight feeder). Alat ini berperan penting dalam proses kelancaran aliran material untuk menuju tahap proses selanjutnya. Masalah yang timbul di dalam bin FABA adalah penumpukan material yang menyebabkan material tidak dapat keluar dari bin (blocking). Hal tersebut dapat menimbulkan deviasi pada sistem penimbangan material (weight feeder). Dari penerapan skenario pemanfaatan FABA ini menghasilkan cost saving on raw materials sebesar Rp ±1.500.000.000,00 sampai Rp ±3.000.000.000,00 atau Rp 1,5–3 Milliar per bulan dalam artian apabila aliran material FABA lancar maka cost saving yang dapat dicapai yaitu sebesar Rp 3 Milliar. Untuk mengurangi masalah tersebut diperlukan penambahan alat bantu peruntuhan material, Namun setelah pemasangan alat tersebut, masalah yang terjadi di dalam bin tidak teratasi dengan efektif sehingga diperlukan pemasangan alat tambahan yaitu shock blower system untuk melancarkan aliran material menuju weighfeeder.

Keywords


fly & bottom ash; coating; bin; shock blower system

Full Text:

PDF

References


Cantia Ayunanda, Erda. Herjuno Jati Asmoro dan Mita Kusumaningrum. 2020. “Penghematan Sumber Daya Alam Tanah Liat dan Pasir Besi dengan Pemanfaatan FABA dalam Industri Semen”. Cilacap : PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap.

Suryono, Arif. 2020. “Air-blaster Theory, Design and Maintenance”. Cilacap : PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap.

Flowsheet CC2. 2014. November. Raw Meal Feed. PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant.

Agrichema Schuttguttechnik. Assembly Instruction Shock Blower SB-V SIKOBETIC-2 BB DN 100 110-240 V.

MAC ENGINEERLING CO.LTD. Bin Blow Air Blast System For Optimal Solution of Blockade, Arching, Adhesion Problems. Patent No. 966267.

Duda, Cement Data Book. International Process Engineering in the Cement Industry.

Sularso dan Tahara, H. “Pompa dan Kompresor : Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan. Jakarta : Pradnya Paramita. 2000.

ABB. (2021, May 5) “Technical Information System” Diambil kembali dari Knowledge Manager: http://hc-cc-tis-srv/km/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Adhib Afdiansyah, Azwardi Azwardi, Arif Suryono