Penerapan Sistem Monitoring Waktu Pemakaian Kompresor Torak 2,2 kW di EVE Workshop PT Solusi Bangun Indonesia Pabrik Cilacap


Prasetyo Wardhana, Dianta Mustofa Kamal, Hendra Prastiyawan

Abstract


Salah satu alat penunjang kegiatan di EVE Workshop PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah kompresor, dimana alat tersebut merupakan penyuplai udara bertekanan yang diantaranya difungsikan untuk melakukan proses cleaning dan painting di area EVE Workshop serta kegiatan analisa beton di area Concrete Laborat. Selama beroperasi hingga saat ini tidak terdapat sebuah sistem yang mengatur tentang perawatan rutin pada kompresor dan tidak terdapat rekaman data waktu pemakaian dari kompressor tersebut sehingga kinerja dari kompresor tidak terkontrol. Tujuan dari penerapan sistem monitoring ini adalah untuk menentukan waktu pemakaian dari kompresor yang berguna dalam pembuatan jadwal perawatan berkala.
Sistem ini dibuat menggunakan mikrokontroler Arduino Mega 2560 yang sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna serta bersifat open source sehingga dapat dengan mudah dikembangkan untuk peningkatan sistem kedepannya.
Sistem monitoring yang sudah terpasang dapat menunjukan interval waktu penggunaan kompresor yang dapat menunjang kegiatan perawatan sehingga membuat proses pemantauan maintenance kompresor lebih mudah.

Keywords


Kompresor; Sistem monitoring; Perawatan rutin berkala

Full Text:

PDF

References


Brillianes Fredo Zakaria, Muhammad Ary Murti, Agung Surya Wibowo. (2020). “Sistem Pemantauan Kompresor Udara Berbasis Internet Of Things”. e-Proceeding of Engineering : Vol.7, No.1. 2020 (diakses 10 Juli 2021)

Fitriyani, Rina. (2018). “Teknik Mekanik Mesin Industri”, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia. (diakses 9 Juli 2021)

I Wayan Santra. (2007), “Tugas Akhir Pengukur Lama Waktu Kerja Alat”, Universitas Sanata Dharma (diakses 16 Juli 2021)

Akbar I., Muhajirin & Lisah. 2017. “Sistem Keamanan Pintu Berbasis Arduino Mega”. Jurnal Informatika UPGRIS, vol. 3, no. 2, 2017

Sularso, Haruo Tahara. 2000. “Pompa dan Kompresor, Pemilihan Pemakaian dan Pemeliharaan”. Jakarta. PT Pradnya Paramita. (diakses 10 Juli 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prasetyo Wardhana, Dianta Mustofa Kamal, Hendra Prastiyawan